Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BUPATI LEMBATA LANTIK 144 KEPALA DESA PERIODE 2021-2027

 




Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday melantik 144 Kepala Desa (Kades) periode 2021-2027 secara serentak di Olympic Ballroom, Kota Lewoleba, Selasa (28/12/2021). Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Sekda Lembata, Paskalis Ola Tapobali, Forkompinda, Pejabat Eselon II, para camat dan para pendamping rohani.

 

Dalam sambutannya, Thomas memberikan apresiasi bagi para kades yang telah dipilih dan dilantik. Para kades tersebut, tegasnya, harus bekerja untuk kepentingan masyarakat dengan penuh tanggung jawab. Maka dari itu, imbuhnya, para kades harus mampu mengalokasikan dana desa sesuai kebutuhan masyarakat dan menyentuh hal-hal yang diprioritaskan. Selain itu, sambungnya, kerja sama dan sinergitas harus dibangun di dalam lingkungan desa guna mendukung proses pembangunan yang diharapkan.     

 

“Mohon bekerja dengan jujur dan bertemu dari hati ke hati bersama aparat desa mulai dari tokoh agama, para guru, ketua RT/RW dan juga yang paling utama adalah seluruh masyarakat. Potensi hasil komoditi di desa itu sangat subur. Kepala desa harus bisa mendukung program utama pada Kabupaten Lembata,” tegasnya.

 

Mendukung Pemimpin Perempuan

 

Sementara itu, dalam pelantikan tersebut, terdapat salah seorang perempuan yang berhasil menduduki posisi Kades Bubahaeraka, Kecamatan Nubatukan. Hal tersebut sontak menuai pujian dan apresiasi dari Bupati Thomas. Menurutnya, keterwakilan perempuan dalam kursi pemimpin menjadikan momentum pelantikan kades tahun 2021 menjadi lebih berwarna.

 

Selain itu, ujarnya, usia dan gender bukanlah penghalang untuk memajukan desa dan masyarakat di dalamnya. Oleh sebab itu, harap Thomas, semua pihak harus saling mendukung guna memberikan pelayanan yang tulus untuk membangun Lembata.

 

“Saya sekali lagi mengajak 144 kepala desa untuk bersama para camat dan bersama bupati memberikan pelayanan yang tulus untuk memberikan kekuatan dalam membangun Lembata,” ungkapnya.



Pilkades Berjalan Baik

 

Lebih lanjut, Sekda Lembata, Paskalis Ola Tapobali yang juga menjadi Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Kades menerangkan bahwa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Lembata telah menghasilkan 144 orang terpilih dari 346 calon kades di 9 kecamatan.

 

Paskalis menandaskan bahwa berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 454 tahun 2021 tentang Tahapan dan Jadwal Pelaksanaan Pilkades, semua tahapan sudah dilewati sejak pembentukan kepanitiaan di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa sampai proses pemungutan suara pada 8 November 2021.

 

“Dari 346 calon kepala desa, yang terpilih menjadi kepala desa ada 144 orang, 143 laki laki dan 1 perempuan. Kades tertua yang terpilih berumur 70 tahun, yakni Kades Waienga dan termuda berumur 25 tahun, yakni Kades Riangbao,” ungkap Paskalis.

 

Selain itu, ujarnya, dari 144 desa yang melaksanakan pilkades tercatat 63.316 pemilih yang tersebar di 297 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dalam proses tersebut, jelas Paskalis, terdapat 4 desa yang memiliki presentasi partisipasi pemilih mencapai 100%, yakni Desa Nubahaeraka dan Desa Nubababoli, Kecamatan Atadei; Desa Ile Boli, Kecamatan Nagawutun; serta Desa Lite Ulumado, Kecamatan Nubatukan.

 

Sementara itu, pungkasnya, terdapat 2 kecamatan yang memiliki presentasi partisipasi pemilih terendah, yakni Kecamatan Buyasuri dan Omesuri.

 

Berita dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments