Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

VBL HADIRI KONAS PEREMPUAN GMKI



 

Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menghadiri acara Konsultasi Nasional (Konas) Perempuan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) bertajuk “Perempuan Bermartabat – Inspirasi Masa Depan” di Gedung MPL Hapu Mbay, Sumba Timur, Jumat (26/11/2021). Dalam sambutannya, VBL sangat menekankan pentingnya peran perempuan dalam menunjang kemajuan bangsa dan negara.

 

Menurutnya, perempuan memegang peranan penting untuk mendesain sebuah negara menuju proses kemajuan beserta Sumber Daya Manusia (SDM) lainnya. Hal tersebut, imbuhnya, bisa terjadi sebagaimana mestinya karena perempuan lebih mengetahui bagaimana cara untuk mendidik, merawat, dan mempersiapkan generasi penerus bangsa yang baik dan cerdas.  

 

Lebih lanjut, terang VBL, partisipasi perempuan sangat penting untuk ditingkatkan melalui pendidikan informal anak dalam lingkungan keluarga serta peningkatan ekonomi nasional melalui industri rumahan. Partisipasi tersebut, sambungnya, sangat berpengaruh pada proses pembangunan generasi suatu bangsa.

 

Apresiasi bagi Penyelenggaraan Kegiatan

 

Selaku kepala daerah, VBL sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut, terutama bagi jajaran pengurus GMKI yang mampu berfokus pada persoalan perempuan dan anak. GMKI, ujarnya, harus berani keluar dari zona nyaman agar mampu memberikan pengaruh dan teladan kepada seluruh anak muda. Maka dari itu, lanjut VBL, perempuan GMKI harus berpendidikan, memiliki daya saing dan mampu membangun daerahnya sesuai dengan local wisdom resources.  

 

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Jefri Edi Irawan Gultom dalam sambutannya turut memberikan ucapan terima kasih dan hormat kepada Gubernur NTT, VBL yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama peserta dalam kegiatan tersebut.

 

Jefri juga menegaskan beberapa hal mengenai isu kesetaraan gender. Menurutnya, isu kekerasan terhadap perempuan bukan saja tentang jumlah kasusnya yang terus meningkat, tetapi juga eksplenasi korban yang terkesan tidak manusiawi dan meremehkan perempuan itu sendiri .

 

Lebih lanjut, terang Jefri, total perempuan di Indonesia yang mencapai 133.54 juta orang merupakan jumlah yang luar biasa dan menjadi kekuatan besar dalam membangun peradaban manusia menuju Indonesia Emas 2045.

 

Ia juga menyebutkan bahwa tujuan Konas Perempuan GMKI tersebut adalah untuk memperjuangkan hak pemenuhan dan kesetaraan perempuan serta menyusun rekomendasi terkait persoalan kekerasan perempuan yang akan disampaikan langsung kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak .


Sesuai rilis, turut hadir dalam acara tersebut , Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Kesehatan, dr. Stef Bria, Bupati Belu, Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Timur, Ketua Umum Panitia Konas Perempuan, Melyati Simanjuntak dan Perwakilan Pemerintah Daerah se-daratan Sumba beserta lembaga terkait, Komunitas Pemerhati Perempuan se-daratan Sumba serta 160 orang peserta dari Perwakilan 53 cabang GMKI se-Indonesia beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber : Siaran Pers Biro Adminstrasi Pimpinan Setda Prov. NTT

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments