Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK SWAKARSA RUTENG GELAR KAMPING PRAMUKA PARIWISATA

 



Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swakarsa Ruteng menggelar kegiatan Pramuka Pariwisata Pesta Siaga di Pantai Nanga Woja, Senin-Rabu (25-27/10/2021). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh 631 orang peserta didik kelas XI dan 45 orang guru. Pada upacara pelepasan rombongan Kamping, Kepala SMK Swakarsa Ruteng, Isidorus Son menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi di bidang kepramukaan sekaligus menguatkan kompetensi di bidang pariwisata.

 

“Jadi, kegiatan Kamping ini merupakan perpaduan antara kemampuan teknik berpramuka, juga sebagai bagian dari kiat mendapatkan pengetahuan terkait literasi wisata alam, khususnya yang ada di Manggarai. Sebab itu lokasi Kamping kita selain cocok untuk pendirian beberapa tenda pramuka tetapi juga tepat di sebuah obyek wisata. Dan pantai Nanga Woja kiranya sangat pas untuk mewujudkan beberapa tujuan itu sekaligus,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, David Mbuju menyatakan bahwa kegiatan tersebut merujuk pada Tri Satya dan Dasa Dharma sebagai prinsip moral pramuka beserta sejumlah tujuan strategis pelaksanaan kegiatan Kamping Pramuka.

 

“Pertama-tama, kegiatan ini merupakan pengamalan dari bunyi Dasa Dharma Pramuka yang kedua, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Kasih sayang sesama manusia akan direalisasi melalui kegiatan bersama dalam kelompok, kerja sama, saling membantu. Dan membersihkan pantai dan lokasi perkemahan merupakan wujud dari perintah mencintai alam, itulah tujuan yang hendak dicapai bagi siswa dan juga anggota pramuka,” tuturnya.

 


Lebih lanjut, terang David, kegiatan tersebut bukan hanya berlaku bagi para peserta didik, melainkan juga bagi para guru guna mengembangkan dan mewujudkan kemampuan para pembina beserta guru dalam mengamalkan Dasa Dharma, sehingga bisa bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Kemampuan dan kompetensi tersebut, sambungnya, akan diuji selama kegiatan yang belangsung dalam tiga hari tersebut.

 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan mewujudkan kemampuan para pembina atau guru dalam mengamalkan isi Dasa Dharma yang lain yaitu bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Kemampuan membimbing ratusan peserta didi sejak persiapan, mengorganisasi peserta didik dalam perjalanan, bimbingan di tempat kamping dan tiba kembali di sekolah akan diuji dalam kegiatan selama tiga hari ini,” jelasnya.

 

Di lain pihak, Komandan Rayon Militer (Danramil) Satar Mese, Fernando yang hadir di lokasi kegiatan bersama pihak Komando Rayon Militer (Koramil) Satar Mese menegaskan pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan kepanduan di Indonesia, terkhususnya bagi anggota pramuka.

 

“Gerakan pramuka tidak bisa terlepas dari kata disiplin. Pramuka sangat dekat dengan tentara dan sebagian besar dari kami bertumbuh dalam kegiatan pramuka. Dan karena itu kami sangat memperhatikan disiplin dalam berbagai bidang. Saya berharap, adik-adik yang antusias sebagai anggota pramuka jangan pernah mengabaikana disiplin. Disilpin merupakan kunci kesuksesan,” demikian pungkas Fernando.



Mengenal Pantai Nanga Woja

 

Kegiatan Kamping Pramuka tersebut berlangsung di Pantai Nanga Woja yang berjarak sekitar 35 Kilometer ke arah selatan dari kota Ruteng, tepatnya di desa Tal Kecamatan Satar Mese. Waktu tempuh ke tempat ini kurang lebih dua setengah jam. Pantainya berbatu, lautnya tenang, meski sesekali terlihat dan terdengar gulungan ombak dan derunya ke tepi pantai.

 

Di pinggiran pantai terdapat beberapa tambak ikan dan beberapa situs budaya yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat, baik masyarakat asli maupun beberapa pengusaha asal Ruteng yang menjalankan usahanya di sini.

 

Selain itu, di pinggir pantai tersebut juga tumbuh berbagai pohon besar dan pohon kelapa yang rindang, sehingga sangat cocok sebagai tempat bernaung dan mendirikan beberapa Tenda Pramuka di bawahnya.



Apresiasi atas Penyelenggaraan Kamping Pariwisata

 

Di akhir kegiatan, Isidorus kembali memberikan apresiasi bagi keberhasilan kegiatan Kamping Pariwisata. Kegiatan tersebut, imbuhnya, harus didokumentasikan secara lengkap, baik oleh peserta didik sebagai bagian dari bentuk laporan maupun oleh Tim Pengembangan Literasi Sekolah. Lebih lanjut, sambungnya, pihak sekolah berharap agar kegiatan tersebut bisa berguna bagi pengembangan kompetensi, organisasi kepemudaan dan kiat tumbuhnya semangat untuk berpetualang serta mengeksplorasi alam sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Manggarai.

 

Kegiatan Kamping Pramuka Pesta Siaga merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka pengukuhan Gugus Depan SMK Swakarsa, di mana sebelumnya terjadi pelantikan oleh Kepala Sekolah selaku ketua Majelis Pembina Gudep. Beberapa Minggu sebelumnya, para guru juga mengikuti workshop untuk menjadi instruktur muda di sekolah. Workshop berlangsung di Aula SMK Swakarsa dan dihadiri oleh para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Manggarai sejumlah tiga orang sebagai narasumber.

 

Teks dan Foto : Sipri Kantus

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments