Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 ILE APE TIMUR SEMARAKAN BULAN BAHASA 2021

 



Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyemarakan Bulan Bahasa 2021, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ile Ape Timur menggelar berbagai kegiatan bersama warga sekolah. Peringatan Bulan Bahasa tersebut sesuai dengan komitmen para pencetus Sumpah Pemuda tahun 1928 yang juga berjuang untuk menjunjung persatuan melalui tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu. Dengan demikian, semarak Bulan Bahasa 2021 yang digelar oleh SMA Negeri 1 Ile Ape Timur tersebut bertujuan untuk menambah rasa cinta semua warga sekolah terhadap bahasa persatuan, yakni Bahasa Indonesia. 

 

Rangkaian perlombaan yang digelar oleh SMA Negeri 1 lle Ape Timur terdiri atas quiziz dan syair berantai. Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka pada Sabtu (06/11/2021) serta diikuti oleh seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Ile Ape. Setiap kelas mengirimkan masing-masing lima wakilnya untuk mengikuti lomba syair berantai dan selebihnya berpartisipasi pada perlombaan quiziz.

 

Perlombaan syair berantai tersebut terdiri atas 4 babak. Pada babak pertama dan kedua, guru pendamping menyebutkan satu kalimat syair dan kemudian dilanjutkan oleh para peserta didik dengan syair buatan sendiri. Pada babak pertama dan kedua tersebut, masing-masing peserta akan memperoleh 4 syair utama dan dilaksanakan dalam dua putaran. Pada babak ketiga, para peserta akan melanjutkan pantun berantai sebanyak dua putaran. Setelah babak ketiga dan keempat, pihak penyelenggara akan menentukan finalis dan pemenang perlombaan. Tiga pemenang dari perlombaan syair berantai tersebut terdiri atas kelas XI IPA 1 dan XII IPS 2 sebagai Juara Ketiga, XI IPS 1 sebagai pemenang Juara Kedua, serta XII IPA 2 keluar sebagai juara pertama.



Sementara itu, perlombaan quiziz berlangsung dalam tiga babak. Pada babak pertama, dipilih 10 pemenang untuk setiap jenjang agar bisa maju di babak selanjutnya. Pada babak kedua, para peserta yang lolos akan diseleksi lagi hingga hanya tersisa 5 peserta yang melaju ke babak final. Pada akhir perlombaan, Vita Tesalonika dari kelas XI IPA I keluar sebagai pemenang ketiga, Natasya Angeline dari kelas XI IPS 3 sebagai pemenang kedua, serta Maximillian Leonard dari kelas XI IPS 3 sebagai pemenang pertama.

 

Pantauan media, meskipun perlombaan hanya digelar dalam situasi pandemi Covid-19, tetapi semangat dan antusiasme para peserta didik tidak berkurang dalam berpartisipasi sesuai protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Hal tersebut tentunya akan menjadi cerita dokumentatif bagi semua warga SMA Negeri 1 Ille Ape Timur dalam menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

 

Berita dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments