Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SKO FLOBAMORATA GELAR DIALOG INTERAKTIF BERSAMA 5 ATLET BERPRESTASI

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Flobamorata Kupang menggelar dialog interaktif bersama 5 atlet berprestasi pada pergelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke-XX. Kegiatan tersebut berlangsung pada peringatan Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). Dialog interaktif tersebut turut dihadiri oleh Ketua Komite SKO, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Kepala SKO Flobamorata.

 

Dalam dialog tersebut, Ketua Komite SKO, Drs. Sinun Petrus Manuk sangat mengapresiasi pencapaian prestasi yang telah diraih oleh 5 atlet tersebut. Menurutnya, sejak SKO berdiri pada 2016 telah tercatat begitu banyak medali yang diraih, termasuk pada ajang PON Papua kemarin. Hal tersebut, imbuhnya, telah menjadi roh penggerak SKO Flobamorata untuk menoreh berbagai prestasi sebagai kontribusi positif bagi publik. Maka dari itu, sambungnya, SKO tersebut juga berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang seimbang, antara fisik (olah raga), intelektual (olah otak), dan pembentukan karakter (olah rasa) guna menjadi manusia yang paripurna dan berprestasi. 

 

Di sisi serupa, Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Kabid PKLK) sekaligus perwakilan Dinas PK Provinsi NTT, Drs. Valens Bhali menegaskan bahwa roh penggerak berdirinya SKO adalah untuk melahirkan atlet-atlet yang juga profesional selain mampu menoreh prestasi. Maka dari itu, sambungnya, pihak Dinas PK selalu mendorong Kepala SKO untuk mampu membimbing para peserta didik agar mampu menyelesaikan pendidikan khususnya sebelum berkecimpung di dunia olahraga.   

 

“Kami dari Dinas PK  selalu mendorong bapak kepala sekolah bahwa anak-anak kita ini setelah tamat dia harus terjun ke dunia olahraga. Adanya SKO ini bisa menyumbang prestasi di berbagai kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Dan pernah saya bawa 3 orang pemain bola melawan Thailand dan pasukan kami menang dan 3 orang dari SKO menjadi pemain juru kunci kemenangan. Di SKO ini ada 9 cabang olahraga dan saya harap dari kesembilannya bisa membawa prestasi,” ujarnya.



SKO merupakan Wadah Peningkatan Prestasi

 

Sementara itu, salah satu atlet yang turut bergabung dalam dialog interaktif tersebut, Ingki menyampaikan bahwa dirinya merupakan angkatan pertama di SKO. Pada saat mengenyam pendidikan, ujarnya, SKO masih dalam tahap pembangunan dengan segala keterbatasannya. Namun, di dalam proses pembinaan, sambungnya, dirinya yakin dan percaya bahwa SKO merupakan wadah yang tepat untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga.

 

“Saya angkatan pertama di tahun 2016. Jujur ada berbagai keterbataasan, tetapi saya yakin dan percaya tempat ini bisa menjadi wadah untuk meningkatkan prestasi saya di bidang olahraga. Di sini latihan pagi dan sore sebelum mulai Kegiatan Belajar dan Mengajar. Setiap pagi pasti ada latihan. Dan saya yakin di sekolah ini bisa membuat saya bisa meraih prestasi di bidang akademik dan olahraga,” tuturnya.


Terkait hal tersebut, Kepala SKO Flobamorata, Hironimus Pati, S.Pd.,MM menerangkan bahwa SKO menerapkan dua kurikulum secara bersamaan, yakni kurikulum akademik dan kurikulum olahraga. Selain itu, imbuhnya, pihak SKO juga melaksanakan dua manajemen khusus, yakni manajemen promosi dan degradasi. Hal tersebut, terangnya, akan sangat berpengaruh pada promosi para peserta didik yang berprestasi serta akan didegradasi bila tidak berprestasi. Dengan demikian, tegasnya, menjadi pertimbangan untuk memberikan ruang bagi atlet-atlet dari luar untuk menggantikan posisi atlet yang terdegradasi.

 

Berita dan Foto : Marsel Proklamasi/Patrix Ginta

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments