Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

STIPAS KAK SIAP SAMBUT DIES NATALIS KE-20


 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral Keuskupan Agung Kupang (STIPAS KAK) siap menyambut perayaan Dies Natalis ke-20 sejak didirikan pada 2001 silam. Dengan mengusung tema “Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi Menuju Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”, Stipas KAK berfokus pada penyelenggaraan kegiatan akademik guna menyongsong perayaan Dies Natalis tersebut. Hal tersebut diterangkan oleh Ketua STIPAS KAK, RD. Emanuel B. Kase, S.Fil.,M.M, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/10/2021).  

 

RD. Emanuel menegaskan pada tahun ini pihaknya lebih memusatkan pelaksanaan kegiatan akademik ketimbang non akademik karena masih berada di dalam masa pandemi Covid-19. Pada perayaan tahun ini, ujarnya, pihak STIPAS KAK menyelenggarakan perlombaan pidato dan pembacaan puisi. Namun dalam pelaksanaannya, terang RD. Emanuel, para peserta hanya diberikan kesempatan untuk berpartisipasi secara langsung maupun tidak langsung.

 

“Tahun ini masih dalam situasi pandemi, tetapi bisa dikatakan berkurang, sehingga kita bisa buat kegiatan-kegiatan yang fokusnya tahun ini pada kegiatan akademik, sedangkan kegiatan-kegiatan non akademik seperti olahraga ditiadakan,” jelasnya.

 

Partisipasi secara langsung, imbuhnya, dapat dilakukan dengan menyeleksi setiap utusan atau perwakilan dari masing-masing tingkat, sedangkan secara tidak langsung, lanjutnya, para peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan materi perlombaan untuk diseleksi. Hal tersebut, tuturnya, berguna untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan kampus. Selain itu, RD. Emanuel juga mengatakan bahwa puncak perayaan akan berlangsung pada 6 November 2021 mendatang, sehingga semua persiapan dan kegiatan telah diatur agar tidak mengganggu proses perkuliahan. Kegiatan tersebut, sambungnya, hanya berlaku bagi civitas akademika STIPAS KAK dan tidak melibatkan pihak di luar internal kampus.   

 

Menumbuhkan Kreativitas Mahasiswa

 

Sementara itu, terkait pemilihan tema tahun ini, RD. Emanuel menerangkan bahwa sasaran penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi para mahasiswa guna mengisi situasi pandemi Covid-19 yang serba terbatas. Hal tersebut, ujarnya, sesuai dengan tuntutan pemerintah dan kurikulum yang baru. Maka dari itu, dengan menumbuhkan kreativitas, sambungnya, pihak STIPAS KAK bisa mempersiapkan para mahasiswa untuk mengenyam pendidikan sesuai kurikulum yang baru. Selain itu, imbuh RD. Emanuel, pihaknya sangat berharap agar dengan terselenggaranya perayaan Dies Natalis tahun ini semua proses akreditasi bisa berjalan baik serta mampu mendukung rencana pembukaan Program Studi (Prodi) yang baru.  

 

“Tema yang diangkat disesuaikan dengan tuntutan dari pemerintah dengan kurikulum yang baru ini. Sebenarnya kegiatan ini secara tidak langsung, sebagai upaya kita mempersiapkan untuk tahun yang akan datang dengan masuk pada kurikulum yang baru. Dengan adanya program merdeka belajar-kampus merdeka, mahasiswa dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan potensinya di luar kampus”

 

“Berbeda dengan program sebelumnya, mahasiswa hanya mendapat 10 sampai 15 SKS untuk magang, pada program merdeka belajar-kampus merdeka mereka bisa mendaptkan 40 SKS. Oleh sebab itu, dengan adanya program ini turut mempersiapkan mahasiswa untuk penerapan kurikulum di tahun depan,pungkasnya.  


Berita dan Foto : Patrix Ginta/Marselinus Proklamasi

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments