Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMPN SAKTEO DAN SMPN ANAUBAN SUKSES GELAR ANBK

 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sakteo dan SMPN Anauban, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sukses menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang pertama pada Senin – Selasa (04-05/10/2021). Kegiatan ANBK yang dilaksanakan di SMPN Sakteo tersebut berjalan lancar sesuai dengan harapan. Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN Sakteo, Tabita Kase, S.Pd, ketika ditemui di ruang kerjanya.


Ia menambahkan ANBK mampu merangsang dan mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Hal tersebut, imbuhnya, juga bisa berjalan lancar lewat kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak. Menurutnya, ANBK merupakan momen untuk merefleksikan dan mengevaluasi para peserta didik dan tenaga pendidik guna meningkatkan mutu di setiap satuan pendidikan. Maka dari itu, sambungnya, pihak sekolah selalu berupaya untuk mempersiapkan para peserta didik secara baik meskipun masih berada pada situasi pandemi Covid-19.     


“Asesmen Nasional yang dilakukan ini sebagai momen bagi kami untuk refleksi dan juga evaluasi bagi warga sekolah baik itu tenaga pendidik maupun peserta didik karena peserta yang mengikuti ANBK ini hanya merupakan sampel karena itu momen evaluasi bagi kami para tenaga pendidik terkhususnya untuk lebih meningkatkan lagi kreativitas yang ada dalam melayani para peserta guna meningkatkan mutu sekolah, karena itu semuanya bisa berjalan  jika ada kerja sama yang baik dengan semua warga sekolah yang mana di dalamnya ada peran guru, orang tua dan juga peserta didik,” ungkapnya.



Sementara itu, SMPN Anauban dan SMPN 2 Mollo Selatan turut melaksanakan ANBK dengan menumpang di SMPN Sakteo karena terkendala fasilitas penunjang. Dalam pelaksanaannya, peserta ANBK dari SMPN Sakateo berjumlah 50 orang yang terdiri dari 45 orang peserta inti dan 5 cadangan lainnya. Di sisi lain, peserta ANBK dari SMPN Anauban berjumlah 17 orang dan SMPN 2 Mollo berjumlah 24 orang serta terbagi ke dalam dua tahap pada Rabu-Kamis (06-07/10/2021).


Sempat Terkendala Jaringan Internet


Lebih lanjut, Tabita juga mengungkapkan bahwa pihaknya sempat mengalami kendala jaringan internet pada server pusat, sehingga terdapat 11 orang peserta ANBK yang harus mengikuti ujian susulan pada Kamis (07/10/2021). Atas kendala tersebut, Tabita berharap agar pelaksanaan ANBK lanjutan bisa berjalan dengan baik, sehingga optimalisasi jaringan internet atau server pusat bisa dimaksimalkan. Hal tersebut, sambungnya, sangat berpengaruh pada pelaksanaan ANBK di SMPN Sakteo yang menerapkan metode full online.



Di lain pihak, Kepala SMPN Anauban, Sergianus H. Na'u, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada pihak SMPN Sakteo yang telah membantu dan melancarkan proses pelaksanaan ANBK bagi sekolah yang belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai, seperti laptop, Chroombook, dan jaringan internet. Sergianus berharap agar dengan diadakannya kegiatan ANBK, pemerintah bisa lebih memperhatikan sekolah-sekolah tertentu yang belum memiliki fasilitas pendidikan yang memadai.


“Karena di sekolah kami masih terkendala dengan sarana pendukung seperti laptop, Chroombook dan juga jaringan internet sehingga tidak bisa melakukan ANBK di sekolah, karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada para guru dan juga kepala sekolah yang telah membantu kami dalam mengikuti ANBK ini,” pungkasnya.


Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments