Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMP SWASTA ADHYAKSA 2 KUPANG GELAR SERTIJAB KEPALA SEKOLAH

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Adhyaksa 2 Kupang menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Sekolah dan Pelepasan Guru yang Memasuki Masa Purnabakti, Rabu (13/10/2021). Di bawah naungan Yayasan Adhyaksa Kupang, Kepala SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang sebelumnya, Lincia Duma, S.Pd menyerahkan jabatan kepada Reny Octavianus, S.Pd selaku kepala sekolah yang baru secara resmi di Aula SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Adhyaksa Kupang, Yuliana Henuk, S.Pd.,M.Th, dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kota Kupang, Ambo.  

 

Dalam sambutannya, Yuliana memberikan apresiasi bagi kedua sosok pemimpin yang telah dan akan membawa SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang ke arah yang lebih baik. Pergantian tersebut, ujarnya, merupakan hasil diskusi panjang guna mengakomodir Aparatur Sipil Negara (ASN) di dalam jabatan kepala sekolah. Hal itu, sambungnya, menjadi bahan pertimbangan bersama Dinas PK Kota Kupang hingga diterima secara baik. Dengan diadakannya sertijab tersebut, tegas Yuliana, para guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang bisa menciptakan inovasi-inovasi baru untuk memajukan lembaga pendidikan tersebut

 


Pentingnya Kaderisasi

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas PK Kota Kupang, Ambo menyampaikan bahwa sertijab tersebut merupakan bagian dari proses kaderisasi. Proses tersebut, ujarnya, sangatlah penting untuk dilaksanakan, sebab dinamika dan keberlanjutan estafet kepemimpinan sebuah lembaga harus terus berjalan. Hal itu, imbuhnya, bisa menjadi awal perubahan bagi SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang melalui program dan desain kerja kolaboratif yang baik. Dengan demikian, sambungnya, para peserta didik bisa semakin berprestasi dengan adanya proses kaderisasi tersebut.

 

“Ini bukan hanya sebagai simbol saja, tetapi perlu perhatian yang lebih sehingga ketika peserta didik SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang ini berprestasi, sebagai warga sekolah tentunya bangga akan pencapaian tersebut, sehingga perlu desain yang bagus dan perlu adanya kerja sama dalam semua tim. Silahkan berkoordinasi, bekerja sama, dan berkomunikasi untuk ciptakan sesuatu yang baru di sekolah ini,” jelasnya.

 

Ia juga menegaskan agar kepala sekolah yang baru mampu menjaga dan memegang teguh kepercayaan yang telah diberikan. Pemimpin, tuturnya, harus menjalankan tugas dengan ikhlas guna membentuk dan melahirkan generasi masa depan bangsa yang lebih baik, berkarakter dan mampu berdaya saing. Maka dari itu, sambung Ambo, pihak Dinas PK Kota Kupang akan selalu mendukung setiap proses pendidikan di SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang.

 


Menciptakan Sistem Kerja yang Baik


Di lain pihak, perwakilan guru yang akan memasuki masa purnabakti, Dr. Imanuel L. Maure, S,Pd.,MM yang turut hadir menyampaikan permohonan maaf sekaligus apresiasi atas kerja sama yang baik selama berada di lembaga pendidikan tersebut. Dirinya berharap agar perubahan dan perkembangan SMP Swasta Adhyaksa 2 Kupang bisa terus berlanjut di masa kepemimpinan kepala sekolah yang baru.

 

Lebih lanjutnya, terang Imanuel, budaya kerja harus dibangun secara baik. Hal tersebut, imbuhnya, akan sangat berpengaruh pada sistem kerja berjenjang, sehingga pemimpin yang baru harus mampu menciptakan sistem kerja yang baik pula.  

 

“Terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik selama berada di lembaga pendidikan ini. Semoga semua perubahan dan perkembangan di SMP Swasta Adhyaksa Kupang ini bisa terus berlanjut di masa kepemimpinan kepala sekolah yang baru. Maka dari itu, kita harus mampu membangun sistem kerja yang baik,” pungkasnya.

 

Berita dan Foto : Marselinus Proklamasi/Patrix Ginta

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments