Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SKO FLOBAMORATA KUPANG SIAP CETAK PRESTASI

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Flobamorata Kupang siap mencetak prestasi bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu dituturkan oleh Kepala SKO Flobamorata Kupang, Hironimus Pati, S.Pd.,MM, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2021). Menurutnya, kehadiran SKO Flobamorata Kupang bertujuan untuk menghasilkan individu-individu potensial yang bisa dan selalu berkontribusi bagi Provinsi NTT di bidang olahraga.

 

Hironimus mengungkapkan SKO Flobamorata Kupang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang berfokus pada bidang olahraga, sehingga zona perekrutan calon peserta didik menyebar ke seluruh daerah di Provinsi NTT. Dengan kata lain, ujarnya, semua peserta didik yang mengenyam pendidikan di SKO Flobamorata Kupang merupakan perwakilan dari semua kabupaten dan kota di Provinsi NTT. Maka dari itu, sambungnya, para calon peserta didik akan diseleksi secara ketat berdasarkan kriteria sekolah, baik dari segi administrasi, fisik, kesehatan, dan psiko-test.

 

“Misalnya yang dibela diri, itu para calon peserta didik harus berada pada sabuk sekian dan minimal sabuk biru. Sedangkan untuk yang lain harus memiliki sertifikat prestasi yang telah dicapai selama di SMP. Misalnya pernah mengikuti O2SN, POR-PROV, atau PORDA. Karena pada dasarnya, sekolah ini menampung mereka yang siap mencetak prestasi di bidang olahraga bagi NTT,” jelasnya.

 

Kepala SKO Flobamorata Kupang, Hironimus Pati, S.Pd.,MM

Menjalankan Visi Bersama

 

Di lain pihak, Hironimus mengungkapkan bahwa semua pihak harus mengetahui dan memahami visi SKO Flobamorata Kupang secara baik. Pada dasarnya, imbuh Hironimus, kehadiran sekolah tersebut adalah untuk melahirkan atlet-atlet olahraga yang berprestasi dan sudah diatur dalam APBD 1 Provinsi NTT. Maka dari itu, sambungnya, visi SKO Flobamorata Kupang sangat menekankan aspek kedisiplinan, ketangguhan, dan pembentukan karakter. Ketiga hal tersebut, ungkapnya, menjadi bekal dan pegangan utama bagi para peserta didik guna meraih prestasi sesuai bakat masing-masing.  

 

Ia juga menambahkan bahwa para peserta didik yang mengenyam pendidikan di sekolah tersebut diharapkan mampu berguna bagi masyarakat luas, meskipun tidak berperan sebagai atlet. Hal itu, tuturnya, merupakan hal mendasar yang harus dimiliki oleh seorang atlet, sehingga mampu terlibat dan mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Maka dari itu, lanjutnya, pihak SKO Flobamorata Kupang membutuhkan dukungan, baik dari pemerintah maupun masyarakat agar mampu bersaing dengan SKO yang berada di provinsi lain.

 

Kepala SKO Flobamorata Kupang bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT

“Dan saya berharap, sebagai satu-satunya SKO di Provinsi NTT bisa mendapat perhatian dan dukungan dari semua kalangan. Baik dari masyarakat maupun dari pemerintah sendiri. Tentunya ini dimaksudkan agar bisa bersaing dengan SKO yang ada di provinsi lain,” pungkasnya.

 

Pantauan media, SKO tersebut tercatat telah menyumbang prestasi bagi Provinsi NTT di bidang oahraga, terutama pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Sejak tahun 2016-2019, SKO tersebut telah memberikan medali emas, perak dan perunggu untuk Cabang Olahraga (Cabor) superprioritas, seperti kempo, taekwondo dan atletik.


Berita dan Foto : Marselinus Proklamasi/Patrix Ginta

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments