Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SDK ROSA MYSTICA KUPANG GELAR SIMULASI JELANG ANBK

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica Kupang menggelar simulasi bagi peserta didik jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Simulasi tersebut berlangsung selama dua hari, yakni Senin-Selasa (18-19/10/2021) secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal itu disampaikan oleh Guru Pendamping Simulasi SDK Rosa Mystica Kupang, Agustina Da Cruz, S.Pd, ketika ditemui oleh media ini, Selasa (20/10/2021).

 

Agustina menerangkan proses simulasi tersebut melibatkan 35 orang peserta didik, dimana 30 orang merupakan peserta tetap dan 5 orang lainnya sebagai cadangan. Para peserta simulasi, ungkapnya, merupakan peserta didik kelas V yang diacak dan dipilih berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Selain itu, sambungnya, pihak sekolah telah melakukan persiapan yang matang selama satu bulan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai soal-soal latihan serta pengembangan materi. Hal itu, imbuhnya, merupakan tuntutan materi ANBK yang membutuhkan pemahaman dan kemampuan analisis yang cukup dalam menyelesaikan setiap soal yang termuat.    

 

Guru Pendamping Simulasi SDK Rosa Mystica Kupang, Agustina Da Cruz, S.Pd

Lebih lanjut, terang Agustina, pelaksanaan ANBK tersebut dilakukan dalam dua tahap. Pihak sekolah, tuturnya, memilih pelaksanaan ANBK tahap pertama yang akan berlangsung pada 8-11 November 2021 mendatang. Maka dari itu, tuturnya, pihak sekolah sudah memiliki kesiapan akademis yang matang serta persiapan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang memadai. Penerapan prokes tersebut, lanjut Agustina, meliputi ketersediaan fasilitas penunjang, pembentukan Satgas Covid-19 sekolah, pengaturan jarak antar peserta didik, proses sterilisasi ruang kelas secara berkala, hingga adanya izin resmi dari orang tua atau wali peserta didik.   

 

Terkait pelaksanaan vaksinasi, Agustina juga menjelaskan bahwa pihaknya telah mendapatkan kunjungan dari pihak Laboratorium Biomolekul Provinsi NTT untuk melakukan sosialisasi bagi semua warga sekolah. Setelah sosialisasi tersebut, imbuhnya, semua warga sekolah akan di-swab guna mengambil sampel sebelum melakukan pendampingan. Namun, sambungnya, pihak Laboratorium Biomolekul Provinsi NTT telah memberikan izin atas kesiapan sekolah untuk menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM).     

 

“Mengenai vaksinasi, kami telah mendapat kunjungan dari Laboratorium Biomolekul Provinsi NTT untuk melakukan sosialisasi. Setelah itu kami akan di-swab kemudian ambil sampel baru melakukan pendampingan. Namun mereka lihat kami sudah siap. Jadi boleh melaksanakan tatap muka. Selain itu juga karena pertimbangan seluruh guru sudah vaksin.” ungkapnya.

 


Di samping itu, Agustina juga memaparkan SDK Rosa Mystica Kupang memiliki 365 orang peserta didik dengan sebuah program unggulan, yakni program kerohanian. Program tersebut, imbuhnya, dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan aspek kerohanian seluruh peserta didik agar tetap bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa. Salah satu kegiatan dari program ini, pungkasnya, adalah lomba membaca kitab suci, mewarnai, dan sebagainya yang akan digelar pada 20 Oktober 2021.


Berita dan Foto : Marlyn Seo/Nia Bene

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments