Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PESERTA DIDIK SMPK ST. THERESIA KUPANG IKUTI LCC TINGKAT NASIONAL


 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) St. Theresia Kupang turut berpartisipasi dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Tingkat Nasional yang diselenggerakan oleh Museum Nasional, Rabu (07/10/2021). Kegiatan yang berlangsung secara virtual tersebut merupakan wadah pengembangan pengetahuan dan pengalaman para para peserta didik tingkat SMP. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMPK St. Theresia Kupang, Sr. Dafrosa Muti, S.Sp.S, ketika ditemui di sela-sela kegiatan tersebut.

 

Ia menuturkan pihak sekolah merasa bangga terhadap antusias dan semangat para peserta LCC Tingkat Nasional tersebut. Meskipun belum meraih posisi pertama, imbuhnya, para peserta didik tersebut telah mampu mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di ajang nasional. Ajang LCC tersebut, ujarnya, merupakan perlombaan tahunan yang intens dilakukan.

 

Lebih lanjut, terang Sr. Dafrosa, sebelum terjadinya pandemi Covid-19, kegiatan LCC intens diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTT untuk menjaring para peserta yang akan melaju ke tingkat nasional. Namun tahun ini, ucapnya, Tim LCC SMPK St. Theresia Kupang dipercayakan untuk mengikuti LCC Tingkat Nasional, sebab pada tahun sebelumnya Tim LCC SMPK St. Theresia Kupang berhasil meraih juara di tingkat harapan.   

 

“Bila melihat keaktifan peserta lomba, tahun ini pesertanya sangat bagus dalam menjawab segala pertanyaan.  Bila dibandingkan tahun lalu, mereka lebih bagus. Meskipun belum berhasil berada di tingkat pertama, mereka sudah bekerja keras selama satu bulan. Dan saya sangat senang lewat perlombaan ini, bisa menambah wawasan mereka terkait pengetahuan umum,” ungkapnya.


Di lain sisi, Pengawas LCC dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Provinsi NTT, Martin Mail juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap persiapan dan perjuangan para peserta LCC tersebut. Menurutnya, pihak sekolah telah memberikan dukungan terbaik bagi perkembangan potensi para peserta didik, terutama dari segi fasilitas. Walaupun belum mampu mencapai posisi pertama, sambungnya, Tim LCC Provinsi NTT telah memberikan yang terbaik.  


“Dari pengamatan saya, selama perlombaan, tim asal NTT sangat baik. Hanya dewi fortuna kurang memihak di tim NTT. Dari ketiga sesi, mereka hampir sempurna menyapu poin. Hanya karena kendala di sistem perlombaan, mereka harus puas berada di bawah tim asal Lampung. Tetapi secara umum, menurut saya tim NTT sangat sempurna,” tandasnya.

 


Butuh Persiapan yang Matang

 

Sementara itu, salah satu peserta LCC Tingkat Nasional, Inka Djedoma mengungkapkan proses perlombaan berjalan baik dan seru. Menurutnya, persiapan LCC tersebut hanya berlangsung selama dua atau tiga bulan karena keterlambatan penyampaian informasi menyangkut perlombaan tersebut. Namun, sambungnya, dengan persiapan yang matang dan intens dalam mengerjakan latihan soal, dirinya bersama anggota Tim LCC SMPK St. Thersia Kupang bisa mengikuti LCC Tingkat Nasional dengan baik.

 

“Kegiatan LCC Tingkat Nasional berjalan baik dan seru. Persiapannya cuman berlangsung selama dua atau tiga bulan karena kami terlambat memperoleh berita tentang perlombaan ini. Awalnya kami sangat gugup, tetapi akhirnya bisa mengikutinya dengan baik dan menjawab semua pertanyaan. Persiapan yang kami lakukan lumayan baik karena kami terus membaca materi perlombaan. Kami berusaha mempersiapkan diri secara baik,” ungkapnya.   

 

Inka juga berharap agar di lain kesempatan Tim LCC Provinsi NTT bisa meraih posisi pertama di tingkat nasional, sehingga bisa membanggakan semua masyarakat NTT.  Pihak sekolah, tuturnya, harus diapresiasi sebaik mungkin karena selalu mendukung para peserta didiknya untuk berkompetisi pada semua ajang perlombaan. Maka dari itu, pungkas Inka, semua pihak harus saling mendukung agar nama Provinsi NTT bisa diperhitungkan pada kegiatan LCC Tingkat Nasional berikutnya.


Berita dan Foto : Patrix Ginta

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments