Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PELAKSANAAN ANBK DI SMPN SATAP NEFOTES BERJALAN LANCAR

 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satap Nefotes berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kegiatan ANBK yang diselenggarakan dengan menggunakan metode daring (full online) tersebut berlangsung selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (06-07/10/2021). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMPN Satap Nefotes, Hendra Sa’u, S.Pd, ketik ditemui di ruang kerjanya.


Ia menuturkan pihak sekolah memilih untuk menggelar kegiatan ANBK pada gelombang kedua dan diikuti oleh 50 peserta didik. Pada pelaksanaannya, ujar Hendra, para peserta didik dibagi menjadi dua kategori, yakni peserta tetap yang berjumlah 45 orang dan 5 orang lainnya sebagai cadangan. Namun, imbuhnya, salah satu peserta ANBK tidak hadir saat proses pelaksanaan, sehingga diganti oleh salah satu peserta cadangan.


Lebih lanjut, terang Hendra, pelaksanaan ANBK tersebut juga dibagi ke dalam tiga sesi dan diikuti oleh 15 orang peserta didik untuk masing-masing sesi. Selain itu, imbuhnya, pihak sekolah juga telah melakukan persiapan bagi para peserta didik guna menguasai materi dan pengoperasian komputer atau Chroombook.



Di samping itu, ia juga menuturkan bahwa ANBK bisa meningkatkan kreativitas para tenaga pendidik dan peserta didik terhadap aspek literasi dasar, seperti menulis, membaca, numerasi dan digital. Hal tersebut, ujarnya, berkaitan erat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut adaptasi dan transformasi. Maka dari itu, sambungnya, pihak sekolah terus berupaya untuk mendukung dan meningkatkan mutu pendidikan lewat kerja sama kolaboratif, baik bersama orang tua atau wali peserta didik, pemerintah, dan para pemerhati pendidikan. 


“Suksesnya ANBK dan juga upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sini tentunya butuh kerja sama serta dukungan dari guru, orang tua atau wali murid serta para peserta didik itu sendiri, karena itu saya ingin menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan guru, para orang tua dan juga peserta didik yang telah membangun kerja sama serta dukungan yang baik kepada kami selama ini, saya berharap dukungan dan kerja sama yang telah dibangun ini terus ditingkatkan kedepan,” pungkasnya.


Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments