Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOMUNITAS BELAJAR MENGAJAR UMK SOSIALISASI LITERASI MEDIA PEMBELAJARAN


 


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Komunitas Belajar Mengajar (KBM) Universitas Muhammdiyah Kupang (UMK) menggelar kegiatan sosialisasi terkait literasi (media) pembelajaran di Desa Koa, Kecamatan Mollo Barat, Timor Tengah Selatan (TTS) pada Senin-Rabu (4-6/10/2021). Kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Koa tersebut dilaksanakan melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

 

Pembina KBM UMK sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPHP2D, Budi Kurniawan, S.Pd.,M.Pd, mengungkapkan bahwa pendidikan adalah hal penting di dalam kehidupan masyarakat. Menurutnya, terdapat beberapa cara untuk meningkatan kualitas pendidikan, yakni mengimplementasikan media pembelajaran; menggunakan metode belajar yang tepat; serta perlu adanya program perbaikan dan pengayaan.

 

Pada cara pertama, ungkap Budi, peningkatan kualitas pendidikan bisa didukung oleh optimalisasi media pembelajaran. Hal tersebut, imbuhnya, berguna untuk melakukan transfer pengetahuan (knowledge) guna menyatukan dan menyamakan persepsi peserta didik ke dalam pemahaman bersama. Kemudian pada cara kedua, sambung Budi, kulitas pendidikan bisa terwujud dengan metode belajar yang strategis dan instruksional , dimana para peserta didik akan mendapatkan contoh dan pelatihan yang telah disajikan, diuraikan, dan diberikan untuk mencapai tujuan tertentu. Terakhir pada cara ketiga, pungkas Budi, kualitas pendidikan bisa dimaksimalkan dengan memberikan penjelasan secara berulang dan penyajian pengayaan bagi peserta didik yang telah memperoleh materi sebelumnya.   

 


Membangun Balkon Pintar Kreatif

 

Guna menunjang pengimplementasian literasi media pembelajaran, para anggota KBM UMK membangun sebuah “Balkon Pintar Kreatif” di Desa Koa. Di dalam balkon tersebut, para anggota KBM mulai menyosialisasikan berbagai materi utama, seperti “Literasi Media Pembelajaran”; “Pelatihan Keterampilan Hard Skills dan Soft Skills”; serta “Pendidikan Keterampilan Hidup”.

 

Pembangunan dan pendirian Balkon Pintar Kreatif berlangsung selama satu bulan dan berisi berbagai media pembelajaran. Balkon tersebut tidak hanya digunakan oleh kalangan anak-anak pelajar formal, melainkan juga bagi anak-anak putus sekolah atau belum mengenyam pendidikan. Melalui pemanfaatan balkon tersebut, masyarakat bisa menciptakan ekosistem belajar yang baik, sehingga lingkungan, suasana, hingga para anggotanya bisa terintegrasi ke dalam proses belajar yang efektif. Balkon Pintar Kreatif secara spesifik mampu meningkatkan kreativitas anak-anak di Desa Koa. Di dalam balkon tersebut, anak-anak dilatih dan diajarkan untuk membuat kerajinan tangan.

 


Dengan adanya Balkon Pintar Kreatif, masyarakat Desa Koa mampu menciptakan dan mengembangkan motivasi belajar yang kontinyu (berkelanjutan). Hal tersebut pun diapresiasi oleh Kepala Desa Koa, Yustus Sangat. Baginya, pengadaan balkon tersebut telah menjadi aksi nyata dari kepedulian sesama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama untuk masyarakat Desa Koa. Selain itu, Sekretaris Desa Koa, Daud Nitbani turut mengucapkan terima kasih kepada pihak KBM UMK yang telah berpartisipasi dan berkontribusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa di daerah tertinggal.

 

Berita dan Foto : Budi Kurniawan

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments