Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DUKUNG ASESMEN NASIONAL, SMP ANGKASA KUPANG PERKUAT GLS




Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam mendukung terlaksananya Asesmen Nasional (AN) yang berkualitas, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Angkasa Kupang terus memperkuat Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan tersebut meliputi peningkatan kemampuan peserta didik dalam berliterasi, penguasaan numerasi dan penilaian karakter. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMP Angkasa Kupang, Drs. Gabriel K. Raya, SM.,MM, ketika ditemui di ruang kerjannya, Selasa (12/10/2021). Menurutnya, melalui peningkatan budaya literasi yang kuat, peserta didik bisa giat membaca dan menambah wawasannya secara luas.

 

Ia menuturkan pelaksanaan AN telah berjalan sejak Senin- Selasa (4-5/10/2021) dengan baik dan lancar. Hal tersebut, imbuhnya, telah dipersiapkan selama sebulan sebelum diselenggerakannya AN yang mencakup literasi, numerasi, dan pendidikan karakter. Proses pelaksanaan AN tersebut, sambungnya, merupakan bentuk kepedulian terhadap sekolah untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan.    

 

Lebih lanjut, ujar Gabriel, pihak sekolah selalu mengadakan program penguatan GLS sebelum dilaksanakannya Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM). Dalam pelaksanaan, ujarnya, para peserta didik diwajibkan untuk membaca, membuat rangkuman (inti sari), dan membuat pohon literasi sebagai produk nyata dari GLS. Pohon literasi tersebut, ungkapnya, mampu melatih para peserta didik untuk memahami apa yang telah dibacanya.  

 

“Kegiatan literasi sebenarnya melatih peserta didik untuk terbiasa membaca, sehingga mereka harus terbiasa untuk membaca oleh karena itu sekolah memprogramkan setiap hari ada kegiatan literasi sebelum dilaksanakan pembelajaran,” ungkapnya.  

 

Untuk mendukung upaya GLS tersebut, terang Gabriel, pihak sekolah juga mengembangkan Website Sekolah untuk mengakomodir semua buku pelajaran, buku panduan, serta buku pegangan, sehingga semua peserta didik bisa mengakses bahan bacaan secara mandiri. Hal tersebut, ungkapnya, bertujuan untuk memudahkan para peserta didik dalam mengerjakan tugas, membaca, dan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS). Selain itu, sambungnya, kemudahan akses tersebut bisa melatih aspek kejujuran para peserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. 

 

 “Sebagai upaya untuk mendukung literasi, sekolah juga mengembangkan Website tersendiri, dimana semua buku-buku pelajaran, buku panduan, buku pegangan dimasukan di Website tersebut, sehingga tiap peserta didik dapat mengakses Website tersebut untuk mengerjakan tugas, membaca, dan melaksanakan ujian tengah semester. Hal ini pada dasarnya melatih kejujuran peserta didik,” jelasnya.

 

Kepala SMP Angkasa Kupang, Drs. Gabriel K. Raya, SM.,MM, bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT

PTM Terbatas Sesuai Prokes

 

Terkait Pembelajaran Tata Muka (PTM) terbatas, lanjut Gabriel, pihak SMP Angkasa Kupang telah menerapkan Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) secara langsung bagi peserta didik kelas VII. Sebelum melakukan PTM terbatas, imbuhnya, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang telah melakukan pemantauan untuk melihat sejauh mana persiapan sekolah terkait penerapan protokol kesehatan (prokes).

 

“Sehingga ketika dinas melakukan monitoring, sekolah kami sudah bersiap 92% sehingga sekolah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas,” terangnya.

 

Dalam pelaksanaannya, sambung Gabriel, PTM tersebut disesuaikan dengan kemampuan para peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Apabila materi tersebut dianggap sulit, pungkasnya, maka PTM terbatas bisa dilakukan di lingkungan sekolah, tetapi bila sebaliknya, maka proses pembelajaran bisa dilakukan secara daring.   


Berita dan Foto : Marselinus Proklamasi

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments