Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

YKA GELAR PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI BAGI GURU PAUD

 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan mutu pendidikan dan kreativitas bagi para guru serta pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas, Yayasan Kebun Anggur (YKA) menggelar pelatihan peningkatan kompetensi bagi para guru PAUD yang bernaung di bawahnya. Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Ny. Oktovina Tahun – Lado, SH, pada Rabu (15/09/2021).

 

Dalam sambutannya, Oktovina memberikan apresiasi kepada YKA yang sangat peduli dengan pendidikan dan kualitas para gurunya, sehingga berinisiatif untuk menggelar sekaligus memfasilitasi kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi tersebut.   

 

“Saya bersyukur sekali karena Yayasan Kebun Anggur merasa peduli untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD di TTS, karena kita tahu bahwa memang sampai sekarang belum mencapai 50% guru PAUD di TTS yang mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi seperti ini,” ungkapnya

 

Selain itu, dirinya sangat berharap agar kegiatan serupa juga bisa diadakan oleh semua kelompok guru PAUD di setiap satuan pendidikan guna menunjang kompetensi dan kreativitasnya dalam proses pendidikan. Maka dari itu, sambungnya, pemerintah, yayasan dan organisasi lainnya bisa saling berkolaborasi untuk mewujudkan program tersebut.



 

Memajukan Pendidikan di Daerah Terpencil

 

Sementara itu, Ketua YKA, Djoko Warsieno menyampaikan bahwa YKA memiliki visi untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak Indonesia di daerah terpencil yang belum terjangkau secara baik. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), imbuhnya, YKA sedang memberikan pelayanan bagi 17 PAUD yang tersebar di daerah TTS dan Sabu Raijua. Hal tersebut, jelasnya, bertujuan untuk mendukung eksistensi sekolah-sekolah tertentu agar bisa mandiri, terutama dari segi kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka dari itu, sambungnya, pihak YKA berusaha untuk melatih dan mendorong para guru PAUD untuk cakap di setiap kegiatan belajar dan mengajar (KBM).

 

Selain itu, terang Djoko, pihak YKA juga menunjang pengadaan sarana dan prasarana pendukung di setiap proses KBM, seperti; gedung, kursi, meja, permainan anak-anak serta laptop dan honor bagi para guru pendidik.

 


Di lain pihak, Ketua Himpunan PAUD Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten TTS, Yudeleta L. Nubatonis, SE.,S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut merupakan hasil kerja sama antara YKA dan HIMPAUDI serta berlangsung selama tiga hari, yakni; Rabu-Jumat (15-17/09/2021). Pihak HIMPAUDI, tuturnya, membantu proses fasilitasi, terutama dalam pemberian materi. Dengan demikian, sambungnya, pihak HIMPAUDI berharap agar kegiatan tersebut bisa merangsang dan menciptakan dunia PAUD yang menyenangkan, berkualitas dan mampu menerobos setiap perubahan yang ada.   

 

“Materi yang diberikan selama tiga hari ini  tentang cara belajar anak usia dini, perkembangan anak usia dini, rencana pelaksanaan pembelajaran, juga  terkait dengan layanan PAUD holistik  Integratif. Selain itu juga kami memberikan materi terkait teknik mendongeng, gerak dan lagu dan juga membuatkan alat peraga dari bahan bekas yang dijadikan sebagai sumber belajar bagi anak yang dapat menstimulasi 6 aspek perkembangan anak usia dini, (1)Nilai Agama dan Moral, (2) Fisik-Motorik (3)Kognitif, (4) Bahasa, (5) Sosial-Emosional, dan (6) Seni,” pungkasnya.

 

Pantauan media, kegiatan tersebut dihadiri oleh Yudeleta L. Nubatonis, SE., S.Pd, Pinta Sihombing, S.Th, Orance M. Kou, M.Pd,  serta Agustina Dahaklory, S.Pd, selaku narasumber dari Tim HIMPAUDI, dan Yesua O. Kause, M.Pd selaku Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (Kabid PNF) Kabuoaten TTS,.

 

Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments