Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PUSPRESNAS KEMENDIKBUDRISTEK GELAR KSN TINGKAT PROVINSI



 

Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, yakni; Senin-Kamis (13-16/09/2021) secara daring. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt.) Puspresnas, Asep Sukmayadi, Rabu (15/9/2021). Pada tahun ini, ujarnya, KSN Tingkat Provinsi diikuti oleh 20.577 peserta didik dari seluruh Indonesia dan terbagi ke dalam 9 bidang studi.

 

Ia mengungkapkan bahwa para peserta tersebut memiliki semangat untuk mewujudkan prestasi dengan penuh integritas. Di samping itu, tegasnya, para peserta diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan, meningkatkan semangat juang dan terus menguatkan prestasi.

 

“Kita percaya sepenuhnya kepada adik-adik adalah generasi yang memiliki semangat untuk mewujudkan prestasi dengan penuh kebanggaan dan integritas. Kita percaya dan kita tunggu adik-adik berprestasi terus di tingkat nasional untuk terus bisa lanjut mewujudkan mimpi adik-adik menjadi juara di tingkat Internasional. Selamat mengikuti, tetap sehat, tetap semangat, selamat berprestasi!” ujarnya.

 

Sementara itu, terkait proses pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi tersebut, terang Asep, para peserta melakukan ujian melalui alamat URL https://ksn.puspresnas.id/. Pada hari pertama (13/9), jelasnya, bidang yang dilombakan adalah Kebumian dan Matematika; pada hari kedua (14/09) bidang yang dilombakan adalah Astronomi dan Fisika; pada hari ketiga (15/09) bidang yang dilombakan adalah Geografi dan Informatika; serta pada hari terakhir (15/09) bidang yang dilombakan adalah Ekonomi, Biologi, dan Kimia. Dari pelaksanaan seleksi tingkat provinsi tersebut, sambung Asep, para peserta yang lolos selanjutnya akan dijaring untuk mengikuti KSN Tingkat Nasional.

 

“KSN tingkat nasional juga direncanakan berlangsung dengan format daring,” ungkapnya

 

Lebih lanjut, Asep menuturkan bahwa pada pelaksanaannya para peserta SN diminta untuk mengerjakan soal-soal ujian secara daring dan (harus) dikerjakan di lingkungan sekolah agar mampu menggunakan fasilitas pendukung, seperti; internet, komputer dan laptop. Selain itu, imbuhnya, para peserta tetap diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut, sambungnya, berguna untuk mendukung sistem pengawasan melalui rekaman kamera Zoom Meeting yang dilakukan oleh panitia KSN. Maka dari itu, harap Asep, para peserta bisa memperhatikan faktor keamanan dan kejujuran saat pelaksanaan KSN tersebut.

 

“Seluruh pihak yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan. Oleh karena itu, untuk mendukung sistem pengawasan yang ketat, setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat pelaksanaan berlangsung yang akan diawasi melalui Zoom oleh tim panitia KSN,” tuturnya.

 

Secara umum, rincian jumlah peserta KSN Tingkat Provinsi pada jenjang SMA berdasarkan bidang lomba adalah sebagai berikut; Bidang Matematika sebanyak 1.199 peserta; Bidang Fisika sebanyak 1.955 peserta; Bidang Kimia sebanyak 1.484 peserta; Bidang Informatika sebanyak 2.006 peserta; Bidang Biologi sebanyak 2.205 peserta; Bidang Astronomi sebanyak 2.766 peserta; Bidang Ekonomi sebanyak 2.960 peserta; Bidang Kebumian sebanyak 2.886 peserta; serta Bidang Geografi sebanyak 3.116 peserta.

 

Sumber : Kompas.com

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments