Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KEPSEK DAN GURU SD SE-KECAMATAN BATU PUTIH IKUTI BIMTEK PENINGKATAN KOMPETENSI

 



TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas para kepala sekolah (kepsek), guru dan tenaga operator sekolah yang berdaya saing, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Tingkat Kecamatan Batu Putih, Timor Tengah Selatan (TTS) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru. Kegiatan yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Yaswari Benlutu tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis PK) TTS, Dominggus J. O. Banunaek, S.E.,M.Si dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Rabu (15/09/2021).  

 

Dalam sambutannya, Dominggus memberikan apresiasi kepada K3S Kecamatan Batu Putih yang telah menginisiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para kepala sekolah, guru dan operator untuk saling berdiskusi terkait kendala yang dihadapi saat proses KBM di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, imbuhnya, kegiatan tersebut juga berguna bagi proses peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru.

 

“Dalam kegiatan ini juga terkait dengan peningkatan kapasitas bagi para kepala sekolah dan juga para guru yang ada, dan bagi kepala sekolah bisa saling sharing terkait aspek manajerial sekolah, bagaimana untuk meningkatkan mutu sekolah karena itu melalui kegiatan ini juga sebagai momen refleksi dan juga evaluasi terhadap proses KBM yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 selama ini,” tuturnya.

 

Ia mengharapkan agar kegiatan serupa juga bisa dilakukan oleh kelompok kecamatan lainnya guna merefleksikan dan mengevaluasi proses pembelajaran selama masa pandemi.

 


Evaluasi KBM dan Manajemen Sekolah

 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, Jermias Pellokila, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan para kepala sekolah, guru dan para operator sekolah dalam proses pembelajaran serta manajemen sekolah. Melalui kegiatan tersebut, harap Jermias, para peserta bisa mengaplikasikan materi-materi yang diberikan oleh narasumber secara baik di dalam proses pendidikan. 


Hal tersebut, tuturnya, berguna dalam menanggulangi dan mengantisipasi segala kendala yang ada di dalam proses pembelajaran, sehingga dukungan dan kerja sama antara Pemerintah Daerah TTS, Dinas PK, dan lembaga pendidikan juga harus berjalan sejajar.

 

Lebih lanjut, terang Jermias, dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai narasumber, Kadis PK, Dominggus. J .O Banunaek dengan materi “Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pendidikan”; Kepala Bidang Pembinaan SD, Jansen S.P. Neolaka dengan materi “Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)”; Koordinator Pengawas pada Dinas PK Kabupaten TTS, Yunus Misa, S.Pd dengan materi “Implementasi K-13”; serta Ketua Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Julius Ataupah, S.Pd dengan materi “Simulasi AKM”.

 

Pantauan Media, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, yakni Rabu-Jumat (15-17/09/2021) tersebut melibatkan 16 SD Negeri maupun Swasta, 16 kepala sekolah, serta 32 guru se-Kecamatan Batu Putih.

 

Berita dan Foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments