Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GUBERNUR VBL : MAHASISWA HARUS BERKARAKTER DAN BERANI MELAYANI

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam mendukung proses akademis di Universitas Flores (Uniflor), Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) berkesempatan untuk menjadi pembicara utama (keynote speaker) dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) di perguruan tinggi tersebut. Kegiatan PKKBMB tersebut berlangsung secara virtual pada Kamis, (02/09/2021).

 

Pada kesempatan tersebut, VBL memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para mahasiswa baru yang tergabung di dalam kegiatan PKKBMB. Para mahasiswa baru tersebut, tuturnya, harus menjadi manusia baru untuk memulai karya kehidupannya sebagai generasi muda NTT yang berpengetahuan, berkarakter, serta berani melayani di kemudian hari. Menurutnya, sebagai generasi muda, para mahasiswa baru tersebut harus memiliki keterampilan hard skill maupun soft skill secara matang dan seimbang.

 

Ia juga menambahkan bahwa para mahasiswa baru tersebut tidak boleh hanya membangun aspek kognisinya saja, melainkan juga kecerdasan, keberanian, dan kepedulian kepada sesama. Semua aspek tersebut, sambungnya, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makariem bahwa generasi muda harus mampu menggunakan semua kesempatan untuk mengimplementasikan konsep merdeka belajar dan kampus merdeka sebagai sebuah terobosan secara baik.   

 

Pengetahuan dan Aplikasi Belum Seimbang

 

Lebih lanjut, VBL mengungkapkan bahwa pengetahuan dan aplikasi belum berjalan secara seimbang dewasa ini. Di NTT, jelasnya, terdapat begitu banyak sarjana yang belum mampu mengaplikasikan pengetahuannya secara baik. Misalnya, sambung VBL, terdapat sarjana di bidang peternakan dan pertanian, tetapi aset peternakan dan pertanian belum dimanfaatkan secara maksimal. Oleh sebab itu, ungkapnya, para mahasiswa baru harus didorong untuk mampu menjadi sarjana dan generasi yang mempunyai pengetahuan yang baik, karakter yang kuat, serta berani untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam kondisi terburuk.

 

Untuk menjadi generasi yang unggul, terang VBL, para mahasiswa baru tersebut harus terus melatih diri, banyak membaca, mampu belajar secara inklusif, serta mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara baik guna beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

 

Di lain sisi, VBL juga mendorong para dosen untuk terus melakukan riset dan penelitian yang berbasis pada kepentingan masyarakat. Hal tersebut, tuturnya, bisa berguna untuk mengejar ketertinggalan NTT dengan membangun sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

 

Pada pertemuan tersebut, nampak hadir Staf Khusus Gubernur Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga, Anwar Pua Geno, Staf Khusus Gubernur Bidang Kesehatan, Stefanus Bria Seran, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Benyamin Lola, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi serta Kesbangpol.

 

Berita dan Foto : Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments