Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

ANBK HARI PERTAMA DI SMAS NESI NEONMAT BERJALAN LANCAR


 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Nesi Neonmat Kupang berjalan lancar pada hari pertama, Rabu (29/09/2021). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMAS Nesi Neonmat Kupang, Simon Nesi, A,Md, ketika ditemui di ruang kerjanya. Pelaksanaan ANBK tersebut, ungkapnya, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.


Ia menuturkan pelaksanaan ANBK tersebut diselenggarakan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui Juknis tersebut, ujarnya, pihak SMAS Nesi Neonmat turut mengadakan simulasi dan geladi bersih sebelum pelaksanaan ANBK. Selain itu, ungkapnya, penyediaan fasilitas penunjang, seperti komputer, listrik dan jaringan internet cukup memadai. Hal tersebut, sambungnya, didukung oleh bantuan komputer dari pemerintah, sehingga pihaknya mampu menerapkan metode online pada pelaksanaan ANBK tersebut.


“Pelaksanaan ANBK pada hari ini berjalan dengan lancar. Pihak SMAS Nesi Neonmat menyelenggarakan ANBK berdasarkan Juknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, sehingga pihak sekolah juga telah mengadakan simulasi dan geladi bersih sebelum pelaksanaan ANBK hari ini. Untuk penyediaan fasilitas penunjang seperti komputer, listrik dan internet cukup memadai. Kami juga terbantu dengan bantuan komputer dari pemerintah, sehingga kami bisa menerapkan metode online pada ANBK kali ini,” tuturnya.    


Leih lanjut, terang Simon, pihak sekolah juga telah mempersiapkan para peserta ANBK sesuai dengan tuntutan AKM. Para peserta ANBK tersebut, imbuhnya, juga diberikan berbagai materi pendukung terkait literasi dan numerasi oleh para guru guna mengikuti ANBK secara baik.      



Sementara itu, Proktor pada SMAS Nesi Neonmat, Herman Metboki kepada media ini mengatakan bahwa proses pelaksanaan ANBK pada hari pertama berjalan dengan lancar. Namun dalam pelaksanaan teknis, imbuhnya, kendala yang sering terjadi adalah stabilitas internet yang tidak menentu. Hal tersebut, sambungnya, tidak menjadi kendala serius karena mampu ditanggulangi oleh pihak penyelenggara. Selain itu, tuturnya, para peserta ANBK juga telah dipersiapkan sebaik mungkin dari segi teknis hingga penguasaan atau pengoperasian komputer sesuai dengan mekanisme ANBK.   

 

“Kegiatan ANBK hari ini berjalan lancar. Namun pada pelaksanaannya kadang mengalami kendala pada stabilitas internet, tetapi bisa ditanggulangi oleh pihak penyelenggara. Para peserta ANBK tersebut juga telah dipersiapkan sebaik mungkin dari segi teknis hingga penguasaan atau pengoperasian komputer menyangkut mekanisme ANBK,” pungkasnya.


Pantauan media, kegiatan pelaksanaan ANBK pada SMAS Nesi Neonmat tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni Rabu – Kamis (29-30/09/2021) dan dipantau langsung oleh para pengawas dari SMAN 4 Kota Kupang.


Berita dan Foto : Mario Djegho (red)  


Post a Comment

0 Comments