Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAN 1 RINDI UMALULU DAN USB SMAN 2 UMALULU SEMARAKAN HUT KE 76 RI

 


Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM - Dalam menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke76 Republik Indonesia (RI), SMAN 1 Rindi Umalulu dan USB SMAN 2 Umalulu menggelar kegiatan lomba melukis dan ekstrakurikuler literasi alam dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal tersebut dituturkan oleh Kepala SMAN 1 Rindi Umalulu dan USB SMAN 2 Umalulu, Juniaty Simanullang, S.Pd, dalam release yang diterima oleh media ini, Jumat (20/08/2021). Kegiatan tersebut, jelasnya, merupakan bagian penting dalam proses pengembangan kualitas peserta didik di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19.

Juniaty menjelaskan bahwa kegiatan lomba melukis dilakukan pada media ban bekas di sekitar taman literasi sekolah, Senin (16/08/2021). Peserta yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut, ujarnya, dibatasi sebanyak 8 orang yang terdiri atas peserta didik SMAN 1 Rindi Umalulu dan USB SMAN 2 Umalulu. Media dan sarana lukis pada kegiatan tersebut, imbuhnya, diperoleh dari sisa material pasca siklon seroja dan kontribusi sukarela dari orang tua atau wali peserta didik. Kegiatan tersebut, sambungnya, dikemas secara baik dalam tema besar “Indonesia Tangguh Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19”.

“Kegiatan lomba melukis dilakukan pada media ban bekas yang berada di sekitar taman literasi sekolah. Peserta yang berpartisipasi hanya berjumlah delapan orang peserta didik yang berasal dari SMAN 1 Rindi Umalulu dan USB SMAN 2 Umalulu. Selain itu sarana dan media lukis pun diperoleh dari sisa material akibat siklon seroja dan sumbangan orang tua dan wali peserta didik. Di sini kita melakukan kegiatan berdasarkan tema Indonesia tangguh menghadapi tantangan pandemi Covid-19” jelasnya.




Ia menambahkan bahwa dengan diadakannya kegiatan lomba lukis tersebut, taman literasi sekolah bisa tertata secara baik guna menambah kesan estetik dan kondusif bagi semua warga sekolah. Hal tersebut, ungkapnya, sesuai dengan misi utama sekolah, yakni; menciptakan lingkungan belajar yang “BERSINAR” (Bersih, Indah, Nyaman, dan Ramah). Selain itu, sambungnya, guna menunjang hasil perlombaan yang memuaskan, pihaknya menghadirkan beberapa juri kompeten, seperti; anggota Tim Pengembang Sekolah, Hendrikus Arkian, anggota Komite Sekolah, Yance Lu Hambandima, S.ST, serta anggota Tim Kesiswaan, Alfonsius Liunima, S.Pt.

Berdasarkan release, para pemenang dalam kegiatan lomba melukis tersebut secara berurutan sesuai peringkat adalah Amos Kolo (SMAN 1 Rindi Umalulu), Lukman Bonafit Ke Lomi (SMAN 2 Umalulu), dan Lyanto Filianto Bunga Wily (SMAN 1 Rindi Umalulu).




 Mengenalkan Literasi Alam Pada Peserta Didik

 Lebih lanjut, terang Juniaty, pihak sekolah mendorong pelaksanaan program literasi alam kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut, jelasnya, didukung oleh kerja sama kolaboratif bersama Komunitas Penggerak Konservasi Sahabat Mangrove Melolo. Program literasi alam tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu kegiatan dalam menyemarakan HUT ke76 RI kali ini, seperti; melakukan pembersihan di lingkungan mangrove, mendengarkan sosialisasi mangrove bersama Ketua Sahabat Mangrove, Hendrik Jami dan melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di hutan mangrove.    

“Kita juga mendorong untuk mengenalkan program literasi alam kepada peserta didik lewat kegiatan ekstrakurikuler dan sangat didukung oleh Komunitas Penggerak Konservasi Sahabat Mangrove. Makanya untuk menyemarakan HUT ke 76 RI ini kami melakukan pembersihan hutan mangrove, mendengarkan sosialisasi bersama Ketua Sahabat Mangrove, Pak Hendrik Jami serta mengibarkan bendera Merah Putih di hutan mangrove” pungkasnya.

 

Berita dan Foto : Press Release SMAN 1 Rindi Umalulu

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments