Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PUPUK SEMANGAT LITERASI, SMAN 1 CIBAL GELAR WORKSHOP KTI

 



Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memupuk dan menguatkan semangat literasi, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cibal, Manggarai menggelar kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT sebagai mitra kolaboratif tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Manggarai, Fransiskus Borgias dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Kamis (26/08/2021).

 

Dalam sambutannya, Fransiskus mengungkapkan bahwa literasi sebenarnya mampu menggambarkan eksistensi manusia. Eksistensi tersebut, jelasnya, terletak pada kebebasan untuk berpikir. Hal tersebut, sambungnya, sesuai dengan gagasan filsuf terkenal, Rene de Cartes yang menyatakan bahwa “aku berpikir maka aku ada”. Penjabaran gagasan tersebut, imbuhnya, bermuara pada proses berpikir itu sendiri, dimana eksistensi manusia terletak pada kebiasaan menulis, membaca dan berbicara.  

 

“Eksistensi kita terletak pada kebabasan untuk berpikir. Rene de Cartes pernah menulis ‘Cogito Ergo Sum’ yang artinya aku berpikir maka aku ada. Penjabaran dari proses berpikir itu sendiri seperti; ‘Scribo Ergo Sum’ atau aku ada karena menulis, ‘Lego Ergo Sum’ atau aku ada karena membaca, atau ‘Dico Ergo Sum’ atau aku ada karena aku berbicara,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, terang Fransiskus, melalui kegiatan tersebut, para guru dan peserta didik bisa terus meningkatkan kemampuan serta keterampilan menulisnya. Hal tersebut, tuturnya, bisa berguna untuk merangsang aktivitas dan minat membaca.

 

Membiasakan Kegiatan Membaca dan Menulis

 

Di lain pihak, Kepala SMAN 1 Cibal, Yakobus No’u, S.Pd menegaskan bahwa literasi merupakan hal urgen yang perlu diperhatikan secara serius, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sehari-hari. Hal tersebut, imbuhnya, bisa berguna untuk mengatasi setiap persoalan yang dihadapi secara tepat dan cermat. Penanggulangan persoalan melalui literasi, sambungnya, bisa terjadi apabila seseorang tekun membaca dan menulis guna menemukan serta menganalisis solusi. 

 

“Saya melihat bahwa dengan tekun menulis dan membaca kita bisa mencari, menemukan, dan menganalisis problem yang kita hadapi serta menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut” tegasnya.

 



Ia juga menambahkan bahwa aktivitas membaca dan menulis seharusnya menjadi kebiasaan yang lazim di lingkungan sekolah. Para guru dan peserta didik, ujarnya, harus mampu meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis untuk menemukan referensi pembelajaran yang efektif.

 

“Cara mengajar dan belajar itu banyak bukan hanya satu. Cara menyelesaikan soal juga banyak tidak selalu monoton dengan satu cara. Kalau kita hanya membaca satu buku kita hanya akan tahu satu cara, jika kita membaca banyak buku, kita akan tahu banyak jalan untuk menyelasaikannya. Oleh karena itu teruslah membaca dan tekunlah menulis. Ada banyak jalan menuju kesuksesan” pungkasnya.

 

Pantauan media, kegiatan yang dihadiri oleh Korwas SMA/SMK Kabupaten Manggarai, Kepala SMAN 1 Cibal, Tim Formator MPC NTT, para guru dan peserta didik tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni; Kamis (26/08/2021) hingga Sabtu (28/08/2021).

 

Berita dan Foto : Frein/Takim/Baldus

Editor : Mario Djegho (red)

 

 

 

Post a Comment

0 Comments