Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PESERTA DIDIK SMPN SATAP BONAK IKUTI SIMULASI ANBK


 


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Guna menunjang proses persiapan dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) yang digencarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI, peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap (Satap) Bonak, Timor Tengah Selatan (TTS) mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Kamis (26/08/2021). Kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk mempersiapkan para peserta didik dalam mengikuti proses asesmen nasional pada Oktober 2021 mendatang. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala SMPN Satap Bonak, Petrus K. M. Ratu La’a, S.Pd, ketika diwawancarai oleh media ini.    

 

Ia menuturkan bahwa kegiatan simulasi tersebut juga menjadi wadah pembekalan bagi para peserta didik di kemudian hari. Di dalam kegiatan tersebut, paparnya, para peserta didik diberikan materi-materi penting terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Selain itu, sambungnya, pihak sekolah juga selalu berupaya untuk menunjang berbagai kebutuhan dan fasilitas demi kelancaran kegiatan tersebut.

 

“Dari pihak sekolah hari ini melakukan kegiatan simulasi ANBK  bagi para peserta didik kelas VIII yang akan mengikuti asesmen nasional pada bulan Oktober mendatang. Namun perjuangan untuk mengikuti simulasi dalam mempersiapkan para peserta didik di SMP Negeri Satap Bonak sedikit berbeda dari sekolah lain yang ada di Kabupaten TTS yang mana fasilitas penunjang sangat memadai dibanding dengan kami yang ada di sini (SMPN Satap Bonak) fasilitas penunjang yang dimaksud terkait dengan  jaringan listrik dan juga jaringan internet,” ungkapnya.

 


Lebih lanjut, jelasnya, pihak sekolah selalu mempersiapkan para peserta didik dalam menghadapi asesmen nasional mendatang dengan membagikan buku-buku terkait AKM serta melakukan bimbingan teknis. Di samping itu, sambungnya, pihak sekolah juga sangat mengharapkan agar pemerintah bisa terus mendukung pemenuhan fasilitas, seperti; listrik dan jaringan layanan internet demi kelancaran proses tersebut.  

 

Kegiatan Simulasi Berjalan Lancar

 

Di lain pihak, Proktor pada SMPN Satap Bonak, Lusia T. Boimau, S.Pd, Gr., mengatakan bahwa kegiatan simulasi ANBK tersebut dapat berjalan baik dan lancar, walaupun sempat terjadi gangguan pada jaringan internet. Namun, hal tersebut, tuturnya, bisa kembali beroperasi secara normal beberapa saat setelah perbaikan.

 

“Semua itu bisa berjalan dengan baik jika jaringan internet juga lancar, tetapi jika ada gangguan sedikit pada jaringan internet maka  itu tidak bisa login sehingga sangat menggangu para peserta didik yang akan mengikuti asesmen nasional, tetapi dalam kegiatan simulasi hari ini dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

 


Ia juga menambahkan bahwa kegiatan simulasi tersebut juga ditunjang oleh bantuan 15 unit Chroombook dari pemerintah yang diberikan beberapa waktu lalu.

 


Berita dan foto : Lenzo Asbanu

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments