Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KEMENDIKBUD RISTEK GELAR MAGANG PEGIAT LITERASI DI 9 PROVINSI DAN 10 KABUPATEN

Sabu Raijua, CAKRAWALANTT.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus dalam Program Pengembangan Budaya Baca akan melalukan Kegiatan Magang Pegiat Literasi Nasional. Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal  13 Agustus hingga 27 Agustus 2021 diadakan di 9 Provinsi dan 10 Kabupaten di Indonesia yaitu Bandung Provinsi Jawa Barat, Jepara Provinsi Jawa Tengah, Tegal Provinsi Jawa Tengah, Serang Provinsi Banten, Yogyakarta Provinsi DI Yogyakarta, Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, Tarakan Timur Provinsi Kalimantan Utara, Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan, dan Sabu Raijua Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegitan ini pada awalnya disepakati untuk dilaksanakan pada tanggal 3 Juli hingga 27 Juli 2021. Sempat tertunda mengingat meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia.


Kegiatan Magang Pegiat Literasi Provinsi Nusa Tenggara Timur dipercayakan kepada Relasi Community Sabu Raijua sebagai penyelenggaranya. Sebanyak 20 peserta terpilih akan hadir dalam kegiatan ini. Para peserta berasal dari berbagai daerah di NTT yang merupakan penggerak Literasi/ Pengelolah Taman Bacaan Masyarakat di daerah masing-masing.


Sejak awal dibukanya pendaftaran peserta magang, antusiasme terlihat dari banyaknya para penggerak literasi maupun pengelolah taman bacaan di NTT yang mendaftarkan diri. Dari 67 orang pendaftar terpilihlah 20 orang terbaik sebagai peserta kegiatan.


Koordinator Penyelenggara Magang Pegiat Literasi yang juga merupakan Founder Relasi Community Sabu Raijua dan Wakil Ketua Umum FTBM NTT, Adolfus Pareira, mengatakan bahwa telah siap menyukseskan kegiatan ini. Ia pun telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat serta stakeholder lainnya guna menyukseskan kegiatan.


Peserta akan mendapatkan materi dari Direktorat Jenderal PMPK, pengurus pusat, pengurus wilayah, pengurus daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat, dan para penggerak literasi lainnya. Output dari Kegiatan Magang Pegiat Literasi ini yakni para peserta mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk diterapkan di Taman Bacaan Masyarakat binaannya dan Taman Bacaan Masyarakat lainnya. (FTBM Sabu Raijua/RZ Kaka)

Post a Comment

0 Comments