Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DORONG PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, SMKN 1 LEMBOR SELATAN GELAR WORKSHOP LITERASI


 

Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan dan profesionalisme guru, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lembor Selatan menggelar kegiatan Workshop Literasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT sebagai mitra kolaboratif tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala SMKN 1 Lembor Selatan, Hortensia Herima, S.Pd, Senin (23/08/2021). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka tersebut dilaksanakan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dalam sambutan pembukanya, Hortensia mengatakan bahwa kegiatan Workshop Literasi Penulisan KTI tersebut sangat penting untuk semua pihak, baik guru sebagai tenaga pendidik maupun peserta didik. Menurutnya, kegiatan tersebut tidak boleh hanya dilihat sebagai upaya kenaikan pangkat bagi para guru, tetapi juga untuk meningkatkan mutu sekolah melalui proses pendidikan yang literat.

“Workshop penulisan karya ilmiah ini sangat penting untuk kita. Bukan saja untuk kepentingan kenaikan pangkat para guru, tetapi lebih dari itu untuk meningkatkan mutu sekolah ini” ujarnya.

Lebih lanjut, terangnya, peningkatan mutu pendidikan dan profesionalisme guru di setiap jenjang pendidikan adalah hal urgen yang harus diwujudkan. Hal tersebut, sambungnya, merujuk pada konsep pendidikan sebagai upaya pemanusiaan manusia yang harus dilakukan secara sadar, terencana, serta berlangsung sepanjang hayat.

 


Workshop Literasi yang Kedua

Di sisi senada, Hortensia juga mengungkapkan bahwa kegiatan workshop literasi tersebut merupakan kegiatan kedua yang dilakukan bersama Tim MPC NTT. Pada kegiatan pertama, tuturnya, pihak sekolah bersama Tim MPC NTT telah mencapai produk nyata dalam bentuk buku karya guru dan peserta didik yang sudah dalam proses penerbitan. Baginya, kegiatan tersebut merupakan satu langkah luar biasa yang harus terus berlanjut. Oleh sebab itu, ia mengajak semua guru dan peserta didik untuk berpartisipasi aktif di dalam kegiatan tersebut. 

“Sebelumnya kita sudah membuat kegiatan seperi ini bersama Cakrawala NTT dan produknya dalam bentuk buku berisi tulisan guru dan siswa yang sudah dalam proses penerbitan. Ini merupakan suatu langkah yang luar biasa dengan hasil yang nyata, sehingga perlu untuk dilanjutkan” ungkapnya.

Pantauan media, kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni; Senin (23/08/2021) hingga Rabu (25/08/2021) tersebut dihadiri oleh Kepala SMKN 1 Lembor Selatan, Tim MPC NTT, para guru dan peserta didik.

 

Berita dan Foto : Frein/Takim/Baldus

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments