Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPN 1 LEWOLEMA BUTUH BIS SEKOLAH


Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM –
SMPN 1 Lewolema yang berlokasi di Dusun Welo, Desa Painapang, Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur, saat ini sangat membutuhkan adanya Bis Sekolah. Bis Sekolah, menjadi kebutuhan vital sebab jarak rumah sebagian besar siswa dari rumah ke sekolah cukup jauh.

 

Hal ini diungkapkan Kepala SMPN 1 Lewolema, Kondradus Wungbelen, ketika ditemui, Sabtu (12/6/2021). Ia menjelaskan, sedikitnya ada 123 siswa yang tersebar di beberapa tempat berbeda di antaranya Mudakeputu, Watowiti, Delang, Waimana I, Waimana II, Belogili, Riangkoli.

 

“Mereka harus berjalan kaki dan naik ojek jika hendak ke sekolah. Tidak sedikit siswa celaka dalam perjalanan pergi dan pulang ke sekolah. Saat ini, satu kebutuhan vital sekolah kami yakni Bis Sekokah. Ini adalah kebutuhan yang vital menjembatani anak pergi dan pulang ke sekolah. Bis sekolah juga mampu meminimalisir angka kecelakaan siswa dan menghemat biaya transport serta memberikan rasa aman, nyaman bagi pelajar," kata Kondradus.

 

Mantan Wakil Kepala SMPN 1 Larantuka ini mengatakan kondisi riil kebutuhan anak-anak akan bis sekolah dikarenakan keberadaan sekolah tidak dilewati jalur angkutan umum. "Tidak ada jalur kendaraan dari dan ke sekolah di SMPN 1 Lewolema, sehingga siswa sangat kesulitan. Harapannya, dengan adanya bis sekolah, bisa memberikan pelayanan kepada siswa mendapatkan sarana transportasi yang nyaman, aman, cepat dan murah," jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 1 Lewolema, Yosep Ruron, mengatakan, Bis Sekolah sangat sangat penting untuk siswa bisa dengan muda ke sekolah. "Jika kita lihat jarak dari rumah siswa ke sekolah, dari Mudakeputu, Watowiti, Delang Waimana 1, Waimana 2, Belogili dan Riangkoli sangat jauh. Anak sekolah biasanya numpang truk sampah, menunggu kendaraan untuk pulang bisa sampai jam 2 bahkan jam 3 dan 4 sore, bahkan baru-baru ada siswa yang kecelakaan karena bawa motor sendiri ke sekolah. Kondisi yang memprihatinkan, dan mestinya mendapat perhatian dari Dinas Perhubungan Flores Timur," kata Yosep.


 

Menurut Yosep Ruron, ada harapan segar, terkait adanya bis sekolah, pasalnya proposal pernah diberikan kepada Bupati Flores Timur tahun 2020 di Aula SMPN 1 Lewolema pada saat peluncuran 5 buku karya Kepala Sekolah, Guru dan Siswa di sekolah.

 

"Proposal sudah kita serahkan langsung kepada Bupati Flores Timur, Anton Hadjon pada acara launching buku. Kami berharap, ada tindak lanjut karena bis sekolah sungguh menjadi kebutuhan vital dalam pelayanan kepada anak-anak bisa tepat waktu ketika datang ke sekolah, dan bisa pulang ke rumah lebih cepat, serta tidak ada masalah kecelakaan di jalanan selain lebih hemat biaya dan meringankan beban beban orang tua," pungkas Yosep.

 

Berita & Foto: Maksi Masan Kian (Kontributor)

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments