Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID & “GOOGLE SUITE FOR EDUCATION” DALAM PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2020/2021


Oleh Kehi I. M. Th. Tefbana, S.Pd., M.Pd

Kepala SMA Negeri Saenam, Kab. TTS

 

Pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran secara konvensional umumnya dilakukan dengan memberikan tes secara tertulis kepada peserta didik, dengan perangkat yang terdiri dari lembar soal dan lembar jawab. Selanjutnya guru harus memeriksa setiap lembar jawaban untuk mengetahui hasil evaluasi tersebut. Hal ini tentu sangat menyita waktu dan tenaga. Di akhir masa penilaian, biasanya terdapat lembaran-lembaran soal dan jawaban yang menumpuk tidak terpakai, sehingga diperlukan alternatif teknik evaluasi pembelajaran yang lebih ramah lingkungan, hemat waktu, dan praktis.

 

Seiring dengan banyaknya lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR) maupun tatap muka terbatas yang dilakukan secara shift maupun silang kelas akibat wabah Covid-19, maka TIK yang berkembang sangat pesat memberikan banyak solusi dan kemudahan di berbagai bidang. Khususnya di bidang pendidikan, saat ini banyak sekali portal, situs, maupun perangkat lunak yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah Google Suite for Education.

 

SMA Negeri Saenam sebagai salah satu satuan pendidikan yang turut merasakan dampak dari wabah Covid-19 mendukung dan menyambut baik program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah meluncurkan akun pembelajaran dengan domain belajar.id untuk satuan pendidikan (peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan). Hal ini ditunjukkan dengan cara mengikutsertakan secara online beberapa guru dalam kegiatan pelatihan Google Suite for Education yang diselenggarakan oleh para Google Master Trainer bekerjasama dengan GTK Kemdikbud pada bulan Pebruari hingga Maret 2021.

 

Dalam pelatihan tersebut, sudah terintegrasi materi tentang pemanfaatan akun belajar.id. Setelah mengikuti berbagai kegiatan sosialisasi dan pelatihan, para guru didorong untuk menerapkannya dalam pelaksanaan penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

 

Berdasarkan uraian di atas, penulisan artikel ini berfokus pada bagaimana guru-guru di SMA Negeri saenam memanfaatkan akun belajar.id dan Aplikasi Penilaian Berbasis Google Suite for Education dalam merancang pelaksanaan penilaian akhir semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

 

Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan selama kegiatan pelatihan dan simulasi pemanfaatan akun belajar.id dan aplikasi penilaian berbasis Google Suite for Education yang bertujuan untuk mengetahui proses implementasi penilaian secara online berbasis Google Suite for Education. Observasi dilakukan sebanyak dua kali yakni, pada saat mengikuti pelatihan dan selama merancang instrument penilaian. Kedua, dokumen analisis berupa hasil produk tes daring yang dilakukan oleh para partisipan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas tes daring dalam Google Suite for Education tersebut terhadap evaluasi pembelajaran. Untuk selanjutnya data tersebut dianalisis dengan mengolah, menginterpretasi, memvalidasi dan menyimpulkannya.

 

Berdasarkan hasil observasi, para guru dapat mengikuti melalui tiga tahapan yakni, perancangan, penerapan dan evaluasi. Pada tahap perancangan, ada sejumlah langkah simulasi yang dilakukan oleh para para guru sesuai dengan instruksi yang diberikan, diantaranya: (1) memastikan bahwa jaringan internet stabil sehingga tidak mengganggu selama pekerjaan merancang soal PAS. (2) melakukan aktivasi akun gmail dengan domain belajar.id, (3) melakukan login dan masuk ke Google Kelas (Classroom) menggunakan email belajar.id, (4) membuat kelas menurut mata pelajaran masing-masing, (5) membuat jadwal pelaksanaan PAS sesuai jadwal yang keluarkan oleh bidang kurikulum, (6) membuat pengumuman pelaksanaan PAS di masing-masing kelas, (7) mengundang peserta didik untuk bergabung di kelas yang telah dibuat, (8) membuat soal dan kunci jawaban pada google form dan mengirimkan link soal ke google kelas sesuai jadwal masing-masing, (9) meminta peserta didik melakukan simulasi login masuk ke google kelas dan mengklik link soal untuk dikerjakan. Peserta didik dituntun sampai mahir dalam melakukan login dan logout (10) memantau aktifitas peserta didik selama mengakses soal, (11) mengunduh hasil kerja peserta didik melalui fitur response.

 

Selama melakukan observasi, ditemukan guru yang masih mengalami kendala dalam merancang soalnya. Dari 15 guru, 13 di antaranya dapat menyelesaikan rancangan soal dengan baik, sedangkan 2 di antaranya masih perlu pendampingan dalam menggunakan TIK.

 

Dari hasil observasi merancang soal penilaian akhir semester di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proses perancangan penilaian akhir semester (PAS) genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan memanfaatkan akun belajar.id dan aplikasi penilaian berbasis Google Suite for Education berjalan dengan baik melalui tiga tahapan yaitu perancangan, penerapan, dan evaluasi. Para guru di SMA Negeri Saenam sudah cukup terampil dalam merancang penilaian dan juga dapat langsung memperoleh hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari antusiasme, rasa ingin tahu, dan semangat yang luar biasa selama kegiatan berlangsung.

 

Foto: Dokumentasi Redaksi

Editor: Lenzho/ RF/ red

Post a Comment

0 Comments