Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

RD. FIDELIS DUA: LITERASI SALAH SATU JALAN PENDIDIKAN KARAKTER


Sikka, CAKRAWALANTT.COM –
Kepala SMAS Katolik St. John Paul II, RD. Fidelis Dua, M.Th., mengungkapkan, literasi merupakan salah satu jalan pendidikan karakter. Karenanya, literasi bukan sekadar membaca atau menulis.

 

“Literasi salah satu jalan pendidikan karakter, sebab literasi bukan sekadar membaca atau menulis saja, tetapi lebih dari itu,” ungkap Romo Fidel ketika ditemui Tim Cakrawala NTT di ruang kerjanya, Senin (10/5/2021).

 

Lebih lanjut, Romo Fidel mengatakan, dengan banyak membaca buku seorang guru atau pun siswa akan menambah wawasannya. Membaca juga akan menambah perbendaharaan kata sehingga mampu untuk menulis. Menulis juga merupakan refleksi sederhana untuk para guru dan siswa tentang pembelajaran yang sedang berjalan dan progres ke depannya.

 

Untuk meningkatkan budaya literasi di sekolahnya, lanjut Romo Fidel, pihaknya menerapkan gerakan membaca buku yang dilakukan setiap hari Sabtu. Dalam satu bulan guru dan siswa akan membaca minimal empat buku. Gerakan ini diberi nama “Sabtu Membaca”.

 

“Siswa baru dalam tahun ajaran baru wajib membawa buku saat masuk sekolah, buku apa saja baik yang baru maupun buku bekas. Itu akan disimpan di perpustakaan sekolah. Hasil dari membaca tadi, siswa menerbitkan mading sekolah setiap bulannya dengan menampilkan karya-karyanya, baik berbentuk puisi, cerpen, pantun atau jenis yang lainnya,” tambahnya.

 

Sekalipun demikian, Romo Fidel mengungkapkan bahwa dengan terbitnya karya-karya siswa pada mading saja tidak cukup, butuh sebuah perbaruan yang baru. Oleh karena itu, Cakrawala NTT merupakan solusi yang dibutuhkan pihaknya.

 

“Semua yang dibutuhkan baik pelatihan karya tulis ilmiah, tulisan kreatif, pendampingan menulis dan wadah publikasi, semuanya bisa kami dapatkan pada MPC NTT ini,” pungkasnya.

 

Berita dan Foto: Takim/ Ino

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments