Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

COVID: ARGENTINA MEMULAI “LOCKDOWN” BARU SAAT KASUS MELONJAK


Argentina, CAKRAWALANTT.COM –
Argentina telah mulai melakukan sembilan hari lockdown di tengah maraknya kasus virus korona dan peluncuran vaksin yang lambat. Presiden Alberto Fernández mengatakan negara sedang mengalami momen terburuk saat pandemi. Tercatat lebih dari 35.000 kasus baru sehari selama seminggu terakhir.

 

Pada Jumat (21/5/2021) lalu, Amerika Latin dan Karibia telah melampaui angka satu juta kematian virus korona, hampir 30% dari total kematian global. Hampir 90% dari kematian tersebut tercatat di lima negara, yaitu: Brasil, Meksiko, Kolombia, Argentina, dan Peru.

 

Penerapan lockdown terbaru dari Argentina memungkinkan supermarket dan bisnis-bisnis penting untuk tetap buka, tetapi pelajaran sekolah tatap muka akan ditangguhkan. Restoran hanya dapat mengoperasikan layanan pengiriman dan penjemputan ke rumah, dan orang-orang hanya boleh keluar sampai pukul 18:00, tinggal di sekitar rumah mereka.

 

Pemerintah juga mendorong orang-orang untuk memberi tahu pihak berwenang jika mereka melihat tetangga mereka berkumpul atau mengadakan pesta. Pembatasan tersebut berlaku untuk waktu yang relatif singkat di tengah kekhawatiran tentang dampaknya terhadap tenaga kerja informal dan rumah tangga yang lebih miskin dengan akses internet yang terbatas.

 

Ekonomi Argentina berkontraksi hampir 10% tahun lalu, sebagian karena lockdown tersebut. "Saya sadar bahwa pembatasan ini menimbulkan kesulitan," kata Presiden Fernández. Namun Ia menambahkan, "Hadapilah kenyataan ini, tidak ada pilihan selain memilih pelestarian kehidupan."

 

Negara ini telah memberlakukan salah satu karantina terpanjang di dunia tahun lalu, berlangsung dari Maret hingga Juli. Kadang-kadang, bahkan olahraga dan berjalan-jalan dengan anjing tidak diizinkan. Perbatasan ditutup lebih awal dan penerbangan komersial ke negara itu dilarang selama tujuh bulan.

 

Meskipun demikian, tercatat ada 3,4 juta kasus terdaftar dan 73.000 kematian secara total. Awal pekan ini, tingkat kematian harian mencapai rekor domestik baru 745 orang, sementara bangsal perawatan intensif telah mencapai tingkat hunian tertinggi sejak pandemi dimulai.

 

Sumber berita & foto: www.bbc.com

Translater: Ira Luik

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments