Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SUMBA TIMUR SIAP JADI KABUPATEN LITERASI

Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si., dalam pertemuan terbatas bersama Direktur Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, S.Fil., di Rumah Jabatan Bupati Sumba Timur, Jumat (23/4/2021) 

 

Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM – Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel Praing, M.Si., menegaskan, Sumba Timur siap menjadi salah satu Kabupaten Literasi di NTT. Hal ini diungkapkannya dalam pertemuan terbatas bersama Direktur (Pemimpin Umum) Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Gusty Rikarno, S.Fil., di rumah Jabatan Bupati Sumba Timur, Jumat (23/4/2021).

 

Bupati Khristofel mengaku gembira, dan berterima kasih kepada MPC NTT karena memilih wilayah kerjanya sebagai sasaran kegiatan literasi selama beberapa tahun terakhir. Secara substansi, tuturnya, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur pasti mendukung kegiatan tersebut, termasuk untuk mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Literasi.

 

“Kalau untuk kebaikan, jalani saja, kita mendukung,” tegasnya.

 

Selaku pimpinan daerah, dirinya berharap guru-guru SD dan SMP juga bisa ikut terlibat, sebagaimana guru-guru SMA dan SMK, sehingga kualitasnya makin membaik. Hal itu sesuai dengan visi-misinya yaitu, mengembangkan Sumber Daya Manusia Sumba Timur.

 

Ia juga mengingatkan agak guru dan peserta didik harus jujur dalam berkarya, tidak boleh melakukan plagiat atau perjokian. Itu tindakan tidak terpuji, tegasnya.

 

Di hadapan Bupati Khristofel, Gusty Rikarno menerangkan gambaran kegiatan yang dilakukan di lapangan. Setiap kegiatan, jelasnya, memiliki luaran berupa produk buku, jurnal ilmiah, dan tulisan populer di majalah. Selanjutnya, jika produk literasinya sudah ada, kita dorong Sumba Timur menjadi Kabupaten Literasi, ungkapnya.

 

Gusty menambahkan, proses yang dijalankan MPC NTT selama ini lebih berfokus untuk meningkatkan kepercayaan diri guru dalam berkarya. Tim MPC NTT, lanjutnya, hanya mendampingi prosesnya, hingga menghasilkan tulisan yang layak untuk dipublikasikan.

 

“MPC NTT siap mendukung Sumba Timur sebagai Kabupaten Literasi,” tutur Gusty.

 

Dalam pertemuan ini, Gusty Rikarno didampingi Kepala SMA Negeri 1 Rindi Umalulu, Juniaty Simanullang, S.Pd., dan Formatur MPC NTT, Saverinus Suhardin.

 

 

Berita dan Foto: Saverinus Suhardin

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments