Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMKN 2 SOE PEROLEH LISENSI LSP P1

Kepala SMKN 2 Soe, Ayub Sanam, S.Pd


TTS, CAKRAWALANTT.COM – SMK Negeri 2 Soe merupakan satu-satunya SMK di Kabupaten TTS yang telah memperoleh lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1). Hal ini diungkapkan Kepala SMKN 2 Soe, Ayub S. P. Sanam, S.Pd., ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/3/2021).

 

LSP P1 merupakan Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diberikan kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sehingga bisa menguji dan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi bagi peserta didiknya. Selanjutnya, Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK itu bisa diakui dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil.

 

SMKN 2 Soe, jelas Ayub Sanam, memiliki 7 Kompetensi Keahlian. Dari 7 Kompetensi Keahlian tersebut, 5 Kompetensi Keahlian sudah memperoleh LSP P1 yaitu, Kompetensi Keahlian Busana, Teknik Audio Video, Perkantoran, Perhotelan, dan Teknik Komputer dan Jaringan. Lima Kompetensi Keahlian yang telah memperoleh  LSP P1 ini diuji oleh Asesor sedangkan dua kompetensi lain yang belum memperoleh LSP P1 yaitu Pekerjaan Sosial dan Teknik Surya Hidran, melaksanakan UKK.

 

Terkait pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS), Ayub mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan ujian dengan dua metode yaitu metode luring dan daring, sementara untuk UKK menggunakan porto folio. Sistem yang digunakan yakni, anak-anak mengerjakan project di rumah kemudian dikirimkan ke sekolah. Proses ujiannya dilakukan secara daring dimana setiap peserta didik memperoleh pulsa atau kuota internet yang ditanggung oleh sekolah.

 

“Kami laksanakan ini juga berdasarkan petunjuk teknis (juknis) bahwa daerah TTS masih tergolong zona merah maka ujiannya tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Tekniknya kita akan menggunakan porto folio sehingga anak-anak tidak bertemu secara tatap muka sehingga tidak adanya kerumunan. Sebelum melakukan atau mengerjakan project sesuai soal-soal yang diberikan pada peserta didik telah dibekali dengn berbagai teknik yang mana ujian menggunakan porto folio dan saat ujiannya pun dilakukan secara daring,” jelasnya.

 

Tahun ini, lanjutnya, peserta didik Kelas XII SMKN 2 Soe yang akan mengikuti ujian sebanyak 277 orang, mereka yang akan mengikuti UKK. Sementara untuk Kelas XI mengikuti Asesmen Nasional pada bulan Oktober. Terkait jadwal UKK bagi peserta didik kelas XII akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 9 April 2021. Sementara ujian sekolah yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 12 – 17 April namun karena bertabrakan dengan UTBK maka akan digelar pada tanggal 19 – 24 April mendatang.

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments