Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA/SMK SE-SUMBA BARAT IKUTI LOMBA HARDIKNAS 2021



Sumba Barat, CAKRAWALANTT.COM – Dalam menyambut dan merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), SMA/SMK se-Kabupaten Sumba Barat mengikuti aneka perlombaan yang melibatkan para peserta didik. Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Panitia Penyelenggara Lomba Hardiknas 2021 Se-Kabupaten Sumba Barat, Paulinus Sukur, S.Pd., ketika diwawancarai media ini, Selasa (20/04/2021).

 

Dalam kegiatan tersebut, panitia penyelenggara membuka empat cabang perlombaan yakni, Lomba Solo, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Debat Bahasa Indonesia. Kegiatan berlangsung sejak Senin – Selasa, 19 20 April 2021.      

 

Perlombaan ini, paparnya, merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengadakan perlombaan dalam memperingati Hardiknas 2021. 


Lebih lanjut, jelasnya, kegiatan perlombaan ini juga adalah bagian dari kesepakatan para Kepala SMA, SMK, MA, dan SMP se-Kabupaten Sumba Barat dalam menggali dan mengembangkan potensi dan karakter peserta didik. Menurutnya, kegiatan perlombaan tersebut adalah salah satu cara merayakan dan membangun pendidikan lewat penguatan keterampilan dan kemampuan peserta didik.


 

“Kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat yang diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengadakan perlombaan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional. Selain itu, kegiatan ini juga adalah bagian dari kesepakatan para Kepala SMA, SMK, MA, dan SMP se-Kabupaten Sumba Barat dalam menggali dan mengembangkan potensi dan karakter peserta didik,” jelasnya.

 

Tingginya Antusiasme Peserta Didik

 

Ia juga menambahkan bahwa sejak diinformasikannya kegiatan perlombaan dalam memperingati Hardiknas 2021 tersebut, antusiasme dari semua peserta didik terbilang tinggi untuk melibatkan diri dalam tahap seleksi tingkat sekolah. 


Hal tersebut, tambahnya, didukung oleh usaha dan kerja guru pendamping dalam membina dan mengasah potensi peserta didik untuk mampu bersaing pada tahap selanjutnya. Selain itu, jelasnya, kegiatan ini juga didukung secara baik oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA dan SMK se-Kabupaten Sumba Barat dan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.


 

“Antusiasme peserta didik sangat tinggi untuk melibatkan diri sejak informasi ini disampaikan ke semua sekolah. Para peserta didik bersemangat untuk mengikuti seleksi tingkat sekolah demi bisa bersaing di tingkat kabupaten. Tentunya, usaha dan kerja keras guru pendamping perlu diapresiasi. Selain itu, kegiatan ini juga didukung penuh oleh Korwas SMAdan SMK se-Kabupaten Sumba Barat serta perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT,” pungkasnya.

 

Siap Mendukung Program Dinas Terkait

 

Lebih lanjut, jelas Paulinus, pihaknya akan mendukung setiap program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sumba Barat. Ia juga mengharapkan agar perlombaan serupa juga bisa terus dilaksanakan di semua momen bersama. 


Hal tersebut, lanjutnya, bisa membuka ruang dan wadah bagi para peserta didik dalam mengeksplorasi potensi dan meningkatkan karakter diri dengan baik.


 

“Kami siap mendukung setiap program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sumba Barat. Semoga tidak hanya di saat Hardiknas saja kegiatan seperti ini dilaksanakan, tetapi harus juga di semua momen bersama. Hal ini berguna agar peserta didik bisa berkembang dengan baik dari sisi potensi dan karakter” ujarnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, Lomba Solo dimenangkan oleh SMAN 1 Waikabubak, Lomba Cipta dan Baca Puisi dimenangkan oleh SMAN 1 Waikabubak, Lomba Debat Bahasa Inggris dimenangkan oleh SMAN 1 Waikabubak dan Lomba Debat Bahasa Indonesia dimenangkan oleh SMKN 2 Lambayo.


 

Pantauan media, kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut berjalan lancar. Penjurian sendiri dilakukan secara virtual oleh Tim Juri yakni, Dr. Marsel Robot, M.Si., Laurensia E. Puspita, S.Pd., M.Pd., Mario Djegho, S.I.Kom., Ira Luik, S.Pd., Selfiana Priscila Mbadi, S.Pd., M.Ed., Pdt. Lewi Pingga, S.Th., Th.M., Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., Emanuel Nong Yonson, S.Pd., M.Hum., dan Robertus Fahik, M.Si.

 

 

Berita dan Foto: Mario Djegho

Editor: R. Fahik/ red

Post a comment

0 Comments