Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAN 1 RINDI UMALULU GELAR AKSI CINTA LINGKUNGAN



Sumba Timur, CAKRAWALANTT.COM – Dengan dukungan Sahabat Mangrove Melolo, sebuah komunitas pecinta lingkungan khususnya dalam bidang pengembangbiakan dan penanaman mangrove, SMAN 1 Rindi Umalulu menggelar aksi literasi cinta lingkungan dengan menanam pohon mangrove di pantai Melolo, Sumba Timur, Sabtu (24/4/2021). Aksi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Worskhop Literasi yang digelar di sekolah setempat sejak Kamis (22/4/2021) lalu.

 

"Proficiat buat kalian semua karena menjadi generasi milenial yang sadar akan lingkungan," tutur Kepala SMAN 1 Rindi Umalulu, Juniaty Simanullang, S.Pd., dalam arahannya.

 

Niat kegiatan cinta alam ini, lanjutnya, bermaksud untuk mengurangi dampak bencana pada masa mendatang. “Kita tahu, baru-baru ini kita mendapat bencana Seroja. Mungkin selanjutnya ada bencana yang lain, termasuk ancaman abrasi pantai. Karena itu, penanaman mangrove ini sangat penting,” tandasnya.

 

Juniaty menambahkan, setiap orang nantinya bertanggung jawab memelihara tanaman mangrove hingga tumbuh besar. “Kiranya gerakan literasi ini makin meningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan alam maupun sosial,” pungkasnya.


 

Ketua Sahabat Mangrove Melolo, Hendrik Djami Riwu, menjelaskan bibit yang mereka sediakan untuk penanaman saat itu ada dua yaitu, jenis Bruguiera Sexangula dan Ceriop Zippelianatanam. Keduanya ditanam pada zona pasang tertinggi yakni, tidak bersentuhan langsung dengan air laut.

 

Anggota Sahabat Mangrove Melolo, lanjutnya, memang tidak banyak yakni, 8 orang saja, namun komunitas ini sudah aktif membuat pembibitan dan penanaman mangrove sejak November 2020 lalu.

 

"Secara legalitas, kami masih pakai nama Mangrove Nusantara yang berpusat di Bali. Selama kami kerja sukarela, harapannya ada dukungan dari pemerintah atau dinas terkait," ungkap Hendrik.

 

Dalam kegiatan yang dihadiri guru dan peserta didik SMAN 1 Rindi Umalulu ini, lebih dari 200 anakan mangrove berhasil ditanam. Hadir pula anggota Sahabat Mengrove Melolo, dan Tim Media Pendidikan Cakrawala NTT.

 

 

Berita dan Foto: Saverinus Suhardin

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

1 Comments