Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAK BALERIWU TERAPKAN PEMBELAJARAN DARING DAN LURING



Nagekeo, CAKRAWALANTT.COM – Selama masa pendemi Covid-19 SMAK Baleriwu menerapkan dua metode pembelajaran yaitu daring dan luring. Hal ini disampaikan Wakasek Kurikulum SMAK Baleriwu, Inosensius R. Juli, S.H., kepada media ini pekan lalu.

 

“Selama masa pandemi ini kami melakukan kombinasi antara daring dan luring. Aplikasi yang digunakan, kami menggunakan website e-learning sistem manajemen. Untuk pembelajaran daring yang menjadi kendala itu adalah keaktifan siswa saat mereka berada di rumah. Selain itu untuk para guru mendapatkan kendala saat awal-awal di mulai pembelajaran daring yaitu pemahaman penggunaan IT karena awalnya mereka kesusahan saat mengakses website tetapi setelah berjalan dua sampai tiga bulan sudah bisa digunakan dengan baik,” jelasnya.

 

Selain itu, Inosensius mengungkapkan bahwa kendala lain yang dihadapi dalam pembelajaran luring yakni keaktifan peserta didik. Bahkan, lanjutnya, masih banyak orang tua yang mengira bahwa anaknya libur karena anak tidak menyampaikan soal belajar dari rumah.

 

“Dalam pembelajaran luring materi biasa disampaikan per minggu dikirim atau diambil oleh siswa di sekolah. Masalah utama adalah siswa karena mereka mengira pembelajaran dari rumah jadi mereka tidak menyampaikan kepada orang tua sehingga orang tua mengira libur dan ada pun siswa/i yang mengambil tugas di sekolah namun tidak kembali lagi ke sekolah untuk mengumpulkan tugas atau menanyakan materi yang tidak dipahami jadi mereka kurang aktif di situ,” tuturnya.

 

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, lanjut Inosensius, pihak sekolah sudah membuat grup kelas dan membangun komunikasi dengan orang tua peserta didik.

 

“Untuk mengatasi hal tersebut kami membentuk grup kelas, komunikasi dengan orang tua/ wali soal keterlibatan anak itu sendiri sampai yang paling utama adalah dihubungi oleh pihak sekolah sampai ke rumah siswa/i untuk mengetahui apa penyebab dari ketidakaktifan mereka,” ungkapnya.

 

Berita dan Foto: Kiki Amin

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments