Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PRODI PBI UKDW GELAR FGD KURIKULUM 2021


Yogyakarta, CAKRAWALANTT.COM –
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menggelar Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum 2021 dan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Prodi PBI UKDW, Rabu (10/03/2021). Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Kependidikan dan Humaniora (FKHUM) UKDW, Dra. Mega Wati, M.Pd.

 

Dalam sambutannya, Mega Wati mengungkapkan rasa terima kasih yang begitu besar kepada setiap mitra yang telah bekerja sama dengan Prodi PBI hingga saat ini. Menurutnya, hal tersebut menjadi dukungan yang berarti bagi pihak kampus dalam mendidik mahasiswa terutama dalam pembelajaran, termasuk pelatihan program pembelajaran rekreatif. Di lain pihak, dengan bertambahnya mahasiswa, ungkapnya, tentu pihak kampus membutuhkan lebih banyak mitra yang bergabung.

 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, FGD ini bertujuan untuk menetapkan program MBKM dalam Revisi Kurikulum Tahun 2021. “Saya kira ini juga keberuntungan bagi kita semua bahwa pada saat revisi kurikulum, ternyata menteri kita yang tercinta itu mencanangkan program MBKM, experiential learning yang merupakan paradigma baru. Nah, ini yang sedang kami susun dan yang akan kami minta masukan dari Bapak Ibu sekalian,” tuturnya.

 

Mengakhiri sambutannya, Mega Wati mengajak semua mitra Prodi PBI UKDW untuk bergandengan tangan dan melakukan bimbingan kepada mahasiswa untuk menjadi calon guru di abad 21 ini sebagai wujud dari nilai-nilai Duta Wacana. Nilai-nilai yang dimaksud yakni, menaati Allah, melangkah dengan integritas, melakukan yang terbaik, dan melayani dunia.

 

Tahapan Revisi Kurikulum

 

Pada kesempatan tersebut, Kaprodi PBI UKDW, Lemmuela Alvita Kurniawati, M.Hum., menjelaskan, proses Revisi Kurikulum 2021 dibagi menjadi lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Untuk saat ini, lanjutnya, Prodi PBI UKDW telah melakukan tahapan yang pertama hingga yang ketiga.


 

“Untuk tahap pelaksanaan, kami akan mengimplementasikan kurikulum kami di semester depan, di Semester Gasal 2021/2022. Bapak/Ibu, yang terakhir adalah tahap evaluasi. Evaluasinya nanti akan dibagi menjadi dua, yang pertama adalah evaluasi berkala dua tahunan kurikulum dan evaluasi menyeluruh selama empat tahun sekali,” jelasnya.

 

Pantauan media, dalam FGD ini panitia menghadirkan sejumlah mitra Prodi PBI UKDW yakni, Ayunan Langit Purwosari Girimulyo, ELTI Yogyakarta, Kampung Teko Purwosari Girimulyo, Media Pendidikan Cakrawala NTT, Olifant High School Yogyakarta, Pendidikan.id, SekolahTumbuh Yogyakarta, SMA Imanuel Kalasan, SMKN 6 Yogyakarta, Stikes Bethesda Yogyakarta, dan Swift English Yogyakarta.

 

Berita: Ira Luik

Foto: Dokumentasi Redaksi

Editor: R. Fahik/ red 

Post a Comment

0 Comments