Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SETETES DARAHKU – Kumpulan 60 Puisi Pilihan


Judul Buku   : SETETES DARAHKU – Kumpulan 60 Puisi Pilihan

Penulis           : Rm. Agustinus Seran Berek, Pr

Cetakan I       : Juli 2020

Penerbit         : Gerbang Media Aksara, Yogyakarta

ISBN               : 978-602-6248-85-5

 

Darah memiliki makna meterai yang berdimensi keselamatan. Hal ini nampak dalam berbagai praktik budaya tradisional, seperti darah binatang kurban dalam ritus penyembuhan orang sakit, dan lain sebagainya. Gereja Katolik juga meyakini dimensi ini bahwa lewat darah Kristus tersalib, dunia diselamatkan dari utang dosa.

 

Memang sangatlah benar dan tepat, darah dijadikan simbol kehidupan. Jika aliran darah seseorang berhenti, itulah tanda bahwa orang tersebut telah mengakhiri hidupnya di dunia. Juga dalam dunia percintaan, terkadang seorang pemuda dan pemudi, sama-sama rela meneteskan darahnya di dalam air satu gelas, lalu mereka meminumnya sebagai meterai cinta yang tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun. Walaupun meterai cinta yang demikian memiliki risiko yang sangat tinggi, bahkan dapat berakibat fatal apabila mereka mengabaikannya.

 

Oleh karena betapa pentingnya darah dalam sejarah keselamatan, dan bagi setiap makhluk hidup, termasuk manusia, maka buku kumpulan 60 buah puisi pilihan ini diberi judul: “Setetes Darahku”. Judul buku “Setetes Darahku”, diambil dari satu judul puisi dari 60 buah puisi yang ada dalam buku ini. Enam puluh buah puisi yang dimaksud, pada umumnya dikumpulkan dan diolah dari catatan harian, resensi, pengalaman pastoral dan imajinasi penulis. 


Semoga puisi-puisi yang ada dalam buku ini dapat memberi inspirasi, mengasah otak dan mengolah rasa, sehingga daya imajinasi dan kreasi para sidang pembaca semakin terbuka dan meluas, dalam memandang, mengintuisi dan memaknai hidup di tengah alam semesta yang mahaluas ini. (Penulis)


Post a comment

0 Comments