Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PANDEMI COVID-19, KOPERASI SUKA DAMAI TERAPKAN SOSIALISASI TERBATAS


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM –
Selama masa pandemi Covid-19, Koperasi Suka Damai Cabang Kota Kupang terus berekspansi dengan menerapkan sosialisasi terbatas. Cara ini dinilai cukup efektif, sebagai bukti sejak hadir di Kota Kupang September 2020 lalu, kini terdaftar 127 anggota koperasi untuk wilayah Kota Kupang dan Malaka. Hal ini diungkapkan oleh Felisianus Supratman, S.E., Manager Koperasi Suka Damai Cabang Kota Kupang, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/01/21).

 

“Berkaitan dengan keanggotaan memang ada batasan, karena pandemi covid-19 sehingga tidak dilakukan sosialisasi secara besar-besaran seperti yang sudah direncanakan sebelumnya. Tapi kami punya cara sendiri, di bawah komando koordinator, sosialisasi koperasi Suka Damai dilakukan secara terbatas, kami mengunjungi dan mendekati keluarga supaya bisa bergabung  menjadi anggota paling tidak dalam skala kecil, dan hasil dari strategi yang dibuat sampai dengan saat ini anggota yang kami miliki sudah 127 anggota termasuk dengan anggota yang berada di Malaka,” ungkapnya.

 

Felisisanus menambahkan, mengenai perkembangan koperasi-koperasi di Kota Kupang yang beragam, hal tersebut menimbulkan banyaknya persaingan antar-sesama koperasi. Akan tetapi, koperasi Suka Damai tidak melihat hal tersebut sebagai suatu permasalahan, namun  menjadikannya sebagai peluang munculnya inovasi-inovasi baru.

 

 “Yang membedakan kami dengan koperasi lain adalah yang pertama kami menjual loyalitas, dengan kesederhanaan yang kami miliki. Memang koperasi kita mengutamakan kesederhaan sehingga kami juga lebih memperhatikan orang-orang yang sangat membutuhkan, dan yang kedua kami punya keunggulan sendiri yakni berkaitan dana perlindungan anggota yang kami tawarkan, dilihat dari usia keanggotaan, dana perlindungan anggota yang lama akan lebih besar dari yang baru. Yang ketiga, bunga produk tabungan yang kami tawarkan jauh lebih tinggi,” jelasnya.

 

Ia melanjutkan, “Koperasi Suka Damai juga sudah menjalin kerja sama dengan salah satu sekolah yakni SDN Batu Cermin Manggarai Barat yaitu gerakan seribu rupiah per hari untuk anak murid sejak tahun 2018, ini salah satu bentuk pengajaran literasi finansial yang sudah dicanangkan beberapa tahun lalu. Untuk di Kupang sendiri belum dilaksanakan, namun harapan ke depannya agar Kantor Cabang di Kupang juga dapat melakukan kerja sama seperti itu.”


 

Sementara itu Koordinator Koperasi Suka Damai wilayah Timor, Ambrosias Lause, memiliki harapan besar untuk perkembangan koperasi Suka Damai ke depannya yakni Koperasi Suka Damai dapat hadir di setiap kabupaten di NTT. Hal ini dapat menjadi wadah serta peluang bagi masyarakat khususnya pedagang, para nelayan, para pengrajin, serta semua masyarakat yang kurang mampu.

 

“Harapan saya agar koperasi ini bisa ada di seluruh kabupaten di NTT, dan sasaran utama kami adalah para pedagang, para nelayan, para pengrajin, serta semua masyarakat yang kurang mampu agar mereka dapat bergabung dengan Koperasi Suka Damai,” harapnya.

 

Berita: Baldus/Jaquin 

Foto: Dokumentasi redaksi

Editor: R. Fahik/red

Post a Comment

0 Comments