Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LUNCURKAN BUKU DAN MODUL PEMBELAJARAN, SMKN 7 KUPANG SIAP JADI SEKOLAH MODEL LITERASI

 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Mengawali semester genap tahun ajaran 2020/2021, SMKN 7 Kupang meluncurkan buku dan modul pembelajaran. Sebanyak dua buku masing-masing berjudul “Kepemimpinan dan Tim Kerja dalam Pelayaran” karya Patrisius Leu, S.Fil., dan “Ilmu Pelayaran Datar” karya Gabriel Baut Koten, S.Si., serta delapan modul pembelajaran karya guru diluncurkan pada Kamis (07/01/2021) di aula sekolah setempat.

 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., Korwas SMA/SMK Provinsi NTT, Kepala SMKN 7 Kupang, Ketua Komite SMKN 7 Kupang, Pimpinan dan Staf Redaksi Media Pendidikan Cakrawala NTT, para guru dan perwakilan taruna-taruni SMKN 7 Kupang serta sejumlah undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Linus Lusi memberikan apresiasi kepada pihak sekolah atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, ini adalah sebuah momentum kebangkitan di awal tahun. Momen restorasi, ungkapnya, harus terus digelorakan.

 

“Cerita guru adalah cerita literasi. Proficiat buat para guru yang telah berhasil melahirkan karya dalam bentuk buku dan modul pembelajaran. Ini merupakan bagian dari pertanggungjawaban akademik sebagai pendidik,” ungkapnya.

 

Menindaklanjuti acara tersebut, lanjut Linus Lusi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT akan menetapkan SMKN 7 Kupang sebagai salah satu Sekolah Model Literasi melalui Keputusan Gubernur NTT. Oleh karena itu dirinya mendorong para guru untuk terus menulis dan menggelorakan semangat literasi di sekolah.

 

“Kita akan tetapkan sekolah ini sebagai Sekolah Model Literasi lewat keputusan Gubernur. Maka dari itu, bapak ibu guru harus terus berkarya. Menulis memang tidak semudah membalik telapak tangan tetapi jangan pernah menyerah,” tegasnya.

 

Linus Lusi melanjutkan, dalam upaya mewujudkan NTT sebagai Provinsi Literasi, pihaknya mencanangkan peluncuran 1.000 buku karya guru, siswa dan tenaga kependidikan di NTT pada Hari Pendidikan Nasional tahun ini. Oleh karena itu, ia mendorong para guru, para siswa, tenaga kependidikan dan pegiat literasi untuk mendukung upaya ini dengan terus melahirkan karya dalam bentuk buku.

 


Kepala SMKN 7 Kupang, Dra. Yeftasina M. A. Nitti, merasa bangga dengan kado indah di awal tahun ini untuk sekolahnya. “Ini adalah kejutan dan kado terindah di awal tahun buat kami. Sejak tahun pelajaran 2018/2019, kami membentuk tim penggerak literasi sekolah untuk mendukung gerakan literasi sebagaimana dicanangkan pemerintah Provinsi NTT. Peluncuran buku dan modul pembelajaran hari ini adalah buah dari gerakan literasi di sekolah ini,” tuturnya.

 

Hal senada diungkapkan oleh kedua penulis buku, Patrisius Leu, S.Fil., dan Gabriel Baut Koten, S.Si. “Sebagai guru, kami merasa bangga bisa mempersembahkan karya sederhana ini. Motivasi awal kami menulis adalah karena minimnya buku referensi yang berkaitan dengan ilmu pelayaran di sekolah ini. Hal inilah yang kemudian mendorong kami untuk menulis.”

 

Peluncuran buku dan modul pembelajaran ini mengadirkan Kapten Mastin Gomang, S.H., Nahkoda KN. Mina dari Kantor Distrik Klas II Navigasi Kupang, sebagai pembicara utama dan Robert Fahik, M.Si., pemimpin redaksi Media Pendidikan Cakrawala NTT.

 

Berita: Baldus Sae

Foto: Mario Djegho

Editor: R. Fahik

Post a Comment

0 Comments