Latest News

Thursday, 29 October 2020

PERKUAT MUTU GURU DAN BUDAYA LITERASI, BMPS GELAR PELATIHAN KTI BAGI GURU SEKOLAH SWASTA

 


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka memperkuat mutu guru sekolah swasta serta membangun budaya literasi, Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Provinsi NTT akan menggelar pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah swasta. Hal ini disampaikan Ketua BMPS Provinsi NTT, Winston Neil Rondo, dalam siaran pers yang diterima redaksi CAKRAWALANTT.COM, Rabu (28/10/2020).

 

Mantan Ketua Komisi V DPRD Provinsi NTT ini, mengungkapkan, pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah swasta tersebut merupakan kegiatan pertama yang digelar BMPS NTT. Dalam kegiatan tersebut, lanjut Winston, pihaknya bekerja sama dengan Majalah Pendidikan Cakrawala NTT. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari yakni, Rabu (4/11) hingga Jumat (6/11/2020) di Aula Komodo, Kantor DPD RI, Jalan Polisi Militer, Kota Kupang.

 

“Kegiatan ini kami buka satu kelas saja yakni dibatasi untuk 50 orang saja. Output dari pelatihan ini adalah diterbitkannya satu buah buku BMPS tentang guru sekolah swasta menulis. Jadi guru-guru yang ikut pelatihan ini akan dibimbing sedemikian rupa untuk membuat tulisan artikel ilmiah yang populer dan menarik lalu dibuatkan menjadi satu buah buku tentang guru swasta menulis,” ungkap Winston.

 

Dirinya melanjutkan, “Hal ini merupakan sesuatu yang baru dan BMPS memberi dirinya untuk menjadi bagian yang nyata dari usaha sistematis membangun budaya literasi di lingkungan swasta. Kami percaya bahwa guru-guru sekolah swasta punya mutu tinggi, potensi besar, punya talenta menulis, hanya perlu diasah saja.”

 

Peserta dalam kegiatan tersebut, jelas Winston, adalah guru dari sekolah swasta yang diwakili oleh satu orang guru dari setiap sekolah. Pesertanya melibatkan seluruh guru tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Dijelaskan lebih lanjut, setelah sehari diumumkan sudah 10 peserta yang mendaftar. BMPS, sebut Winston, menyambut baik animo yang begitu tinggi, oleh sebab itu sebagai penanggung jawab kegiatan, dirinya mengimbau kepada kepala sekolah dan ketua yayasan di Kota Kupang dan sekitarnya untuk mengambil bagian dalam kegiatan dimaksud.

 

Dalam siaran pers tersbut disebutkan 5 kriteria peserta pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru sekolah swasta tersebut yakni, (1) Para peserta memiliki minat dalam dunia tulis-menulis; (2) Mempunyai kewajiban dan komitmen untuk mengikuti pelatihan selama tiga hari penuh dan wajib menindaklanjuti penulisan artikel samapi selesai; (3) Mempunyai komitmen untuk menghidupkan budaya literasi di sekolah; (4) Bersedia untuk masuk dalam komunitas literasi BMPS MPC Kota Kupang; dan (5) Satu sekolah satu peserta sehingga perlu ada rekomendasi dari sekolah asal. (Sumber berita: siaran pers BMPS NTT/red. Foto: progresnews.info)

comments

No comments:

Post a comment