Latest News

Monday, 27 July 2020

TIPS AJARI ANAK BELAJAR DI RUMAH DARI STAF UNICEF


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM – Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum juga menemukan titik terang. Itu berarti hingga beberapa waktu ke depan orang tua masih dituntut untuk tetap membantu anak belajar di ruman dan memahami pelajaran di sekolah.

Tentunya, ini bukan suatu pekerjaan mudah lantaran berbagai tantangan yang bisa dihadapi. Namun, hal tersebut bisa dengan mudah dilewati jika menerapkan tips dari Kepala Pendidikan Global UNICEF, Robert Jenkins.

Rencanakan kegiatan bersama

Menurut Jenkins, pembelajaran yang monoton lewat komputer sering membuat anak kesulitan menerima pelajaran. Untuk membantu anak, orang tua pun bisa mulai merencanakan kegiatan bersama namun tidak melupakan tugas pembelajaran.

Misalnya, anak sedang dalam tahap belajar tambah-tambahan, Anda bisa membentuk aktivitas jual beli di pasar. Orang tua menjadi pembeli sementara anak menjadi penjual. Dengan kegiatan yang baru dan menyenangkan, anak akan lebih mudah menangkap materi di sekolah.


Percakapan yang terbuka

Dorong anak-anak untuk bertanya dan mengungkapkan isi hati sebab terdapat reaksi yang berbeda dari setiap anak saat menghadapi stres di tengah pemberian materi.

Mulailah dengan mengundang anak untuk membicarakan masalah ini. Cari tahu berapa banyak yang sudah mereka ketahui dan ikuti jejak mereka. Pastikan pula Anda berada di lingkungan yang aman dan biarkan anak berbicara dengan bebas. Menggambar, cerita, dan kegiatan lain dapat membantu membuka diskusi.

Cobalah untuk tidak meminimalkan atau menghindari kekhawatiran mereka. Pastikan untuk mengakui perasaan mereka dan meyakinkan bahwa wajar untuk merasa takut tentang hal-hal ini. Tunjukkan Anda mendengarkan dengan memberi perhatian penuh dan pastikan mereka mengerti bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda dan guru kapan pun mereka mau.

Mengatur waktu

Mulailah dengan sesi belajar yang lebih singkat dan buatlah secara progresif lebih lama. Jika tujuannya untuk sesi 30 atau 45 menit, mulailah dengan 10 menit dan dibangun dari sana. Dalam satu sesi, kombinasikan waktu online atau layar dengan aktivitas atau latihan offline.

Tetap terhubung dengan fasilitas pendidikan anak

Cari tahu cara untuk tetap berhubungan dengan guru di sekolah anak-anak. Misalnya, lewat menerima berbagai informasi, mengajukan pertanyaan, dan panduan lebih lanjut dari tempat pendidikan anak. Kelompok orang tua juga bisa menjadi cara yang baik untuk tetap terhubung. Tujuan dari semuanya agar orang tua tidak berada di luar jalur selama mendidik anak di rumah. (sumber teks dan foto: tempo.co)


comments

No comments:

Post a comment