Latest News

Tuesday, 28 July 2020

MENULIS DI MEDIA MASSA, SISWI SMP SINT VIANNEY DAPAT PIAGAM PENGHARGAAN DARI DINAS PK TTS


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Julia Muni Chindhyrena Aderia Salem, siswi kelas VII pada SMP Sint Vianney SoE, mendapat piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten TTS. Piagam tersebut ia terima usai artikel berjudul "Cegah Covid-19 di Kampungku" karyanya terbit di media massa daring NKRI POST beberapa waktu lalu. Piagam disertai sejumlah uang pembinaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas PK Kabupaten TTS, Drs. Seperius Edison Sipa, M.Si., dalam apel bersama di halaman Kantor Dinas PK Kabupaten TTS, Selasa (28/7/2020) pagi.

“Saya selaku kepala dinas, bersama semua kepala bidang dan kepala seksi serta semua staf Dinas PK TTS di apel pagi ini kami menghadirkan seorang siswi dari SMP Sint Vianney SoE karena tulisannya yang membuat saya tergugah untuk memberikan apresiasi. Walaupun dia baru kelas VII tetapi dia mampu menulis sebuah tulisan di tengah pandemi Covid-19 ini dengan judul Cegah Covid-19 di Kampungku,” ungkap Edison Sipa.

Ketika membaca tulisan tersebut, lanjut Edison Sipa, sebagai kepala dinas dirinya tergugah. Ia merasa bahwa seorang siswi yang baru saja menamatkan dirinya dari SD sudah mampu menuangkan apa yang dia pikirkan, apa yang dia rasakan dan apa yang dia lihat melalui tulisan. Ini sesuatu yang sangat luar biasa, oleh karena itu dirinya meminta agar siswi tersebut hadir dan mengikuti apel bersama di dinas.

“Dan saya tempatkan dia untuk berdiri sejajar dengan barisan eselon III yang ada guna memberikan motivasi terhadap dirinya. Di hadapan saya selaku Kepala Dinas, Kepala Bidang, dan Kepala Seksi dan semua staf yang ikut apel bersama kami memberikan kesempatan untuk mengungkapkan apa yang telah dia tulis dan dia rasakan sehingga ini menjadi inspirasi tersendiri bagi kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan juga menjadi motivasi bagi teman sebayanya tentang bagaimana bisa menuangkan pikiran melalui tulisan. Karena menulis ini sebenarnya hal yang tidak mudah, untuk itu seumuran dia bisa menulis karena tentunya budaya literasi dalam hal ini membaca dan menulis sudah tidak asing bagi dirinya dan apa yang dia baca, dengar dan dia lihat itu yang dituangkan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala SMP Sint Vianney SoE, Rm. Johannes Antonius Tnomel, Pr., menyampaikan terima kasih kepada Dinas PK Kabupaten TTS yang telah memberikan apresiasi kepada peserta didiknya yang baru duduk di kelas VII tersebut. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang posistif yang perlu dicontohi, walaupun dirinya mengakui bahwa ia juga baru mengetahui jika tulisan siswi itu ada di media. Sebagai kepala sekolah dirinya akan terus mendorong peserta didik yang ada untuk terus belajar dalam hal ini membaca dan menulis.

Chindy sapaan akrabnya kepada media ini mengatakan bahwa ia  merasa bangga atas bentuk apresiasi dan motivasi yang didapat dari Dinas PK Kabupaten TTS. Siswi kelahiran 14 Juni 2007 ini juga mengatakan bahwa selama menuangkan pikirannya melalui  tulisan "Cegah covid-19 di Kampungku", ia melihat bahwa tidak semua warga masyarakat yang ada selalu mengikuti protokol kesehatan.

“Oleh karena itu melalui tulisan yang ada, saya ingin mengajak semua warga masyarakat yang ada guna mengikuti protokol kesehatan yaitu selalu mencuci tangan, pakai masker dan selalu menjaga jarak, selalu tinggal di rumah jika tidak ada kebutuhan yang terlalu mendesak,” tutur Chindy yang bercita-cita menjadi pendeta. (Lenzho/red)


comments

No comments:

Post a comment