Latest News

Wednesday, 13 May 2020

SMPN SATAP MUNDE BAGIKAN I-PAD KEPADA PESERTA DIDIK


Manggarai Timur, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh (belajar dari rumah) sebagaimana ditetapkan pemerintah selama masa pandemi covid-19, SMP Negeri Satap Munde, Kabupaten Manggarai Timur, membagikan I-Pad kepada peserta didik. Kepala SMPN Satap Munde, Robertus Yani, S.Pd., mengungkapkan, I-Pad tersebut milik sekolah dan dipinjamkan kepada peserta didik yang terbagi dalam 20 kelompok.

“Alasannya, mengingat ada instruksi dari dinas dan ditindaklanjuti dengan rapat dewan guru di sekolah pada tanggal 20 April yang lalu untuk tetap menyelenggarakan KBM baik secara offline dan online maka kami menjalankan kedua proses ini dengan mengeluarkan segala upaya dan salah satunya dengan cara pembagian I-Pad kepada 20 kelompok siswa dengan tujuan supaya mereka tetap mendapatkan pelajaran di tengah situasi pandemi ini. Jumlahnya 20 orang anak dan mereka membawahi temannya 5 sampai 6 orang dalam satu kelompok,” ungkapnya melalui pesan WhatsApp yang diterima redaksi, Selasa (12/5/2020).  

Selain itu, jelasnya, pihak sekolah juga memberikan semangat dan dorongan  kepada anak didik agar tetap tekun belajar sehingga tidak ketinggalan informasi maupun pengetahuan pada masa pandemi ini. Pihak sekolah juga melakukan transparansi dalam manajemen pengelolaan BOS Reguler.

“Ini karena barangnya ada di sekolah dan diperuntukkan bagi anak didik sehingga mereka dapat memanfaatkanya untuk mendapatkan materi pelajaran dari sekolah dan gurunya melalui aplikasi WA. Hal yang lain, kemajuan teknologi tak bisa dibendung saat ini dan kebutuhan IPTEK merupakan suatu kebutuhan primer bagi setiap individu termasuk anak-anak untuk dapat informasi dan mengelola informasi secara baik dan benar karena mereka adalah generasi penerus kita, lagi pula mereka punya hak yang layak dalam mendapatkan pendidikan dengan fasilitas yang memadai, apalagi saya menyadari selama di rumah mereka tidak mendapat pendidikan seperti biasanya di sekolah sehingga dengan ini paling tidak mereka merasakan perhatian dari sekolah dan gurunya dengan pemberian tugas belajar melalui aplikasi,” ungkapnya.

Dirinya juga meminta dukungan orang tua murid untuk ikut serta dalam proses pembelajaran khususnya pembentukan karakter anak dengan membimbing proses belajar anak selama masa pandemi ini. Hal ini merupakan bentuk nyata perhatian keluarga dalam mendukung program pemerintah melalui Kemendikbud selama pasa pandemi.

“Di tengah situasi pandemi ini kami tetap berupaya mengenalkan SMPN Satap Munde kepada masyarakat bahwa kami tetap mengedepankan kebutuhan belajar anak-anak, sebagai contohnya kami meminjamkan l-Pad dan mengisi pulsa datanya. Ini untuk menunjukkan kepada orang tua bahwa pendidikan itu sangat penting berapapun harganya dan harus dinomorsatukan dalam keluarga,” pungkasnya. (Rian Seong/red)

comments

No comments:

Post a comment