Latest News

Tuesday, 3 March 2020

SMPN SATAP FATUKOPA GELAR BIMTEK KTI DAN JURNALISTIK


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan peserta didik dalam bidang literasi dasar yaitu menulis dan membaca, SMP Negeri Satu Atap Fatukopa, menggelar Bimbingan Teknis Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru dan Jurnalistik bagi Peserta Didik, Jumat (28/2) hingga Sabtu (29/2/2020) di sekolah tersebut. Kegiatan tersebut diikuti 8 guru dan perwakilan peserta didik kelas VII dan VIII.

Pengawas Binaan SMP Negeri Satap Fatukopa, Yoram Nakamnanu, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, mengatakan bahwa menulis itu penting, tetapi membaca jauh lebih penting. Menurutnya, sesuatu yang ditulis itu adalah menuangkan pikiran-pikiran dari apa yang dibaca sebagai referensi untuk menulis.

“Oleh karena itu maka ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua yang ada karena dengan adanya gerakan literasi maka tidak sekadar gerakan semata tapi menjadi  implementasi nyata sebagaimana pada hari ini dilakukan dengan tindak lanjut yaitu dengan mulai menulis. Semoga pada kemarin-kemarin membaca itu sudah berjalan dengan baik karena hal menulis berkaitan erat dengan bagaimana logika berpikir kita lancar dalam menuangkan ide-ide yang bagus melalui tulisan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan suatu langkah baik yang perlu ditindaklanjuti. Ia berharap agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikutinya dengan baik. Ia juga menyampaikan proficiat kepada kepala sekolah bersama para guru yang menyambut baik kegiatan ini, juga kepada tim Media Pendidikan Cakrawala NTT yang bersedia mendampingi  para guru maupun peserta didik yang ada.

“Ini merupakan suatu terobosan yang sangat bagus karena melakukan kegiatan seperti ini sangat jarang, tetapi karena dengan hadirnya Media Pendidikan Cakrawala NTT sangat membantu para kepala sekolah, guru bahkan para pengawas yang ada hingga kepada peserta didik. Ini merupakan hal yang luar biasa,” ungkapnya.

Kepala SMP Negeri Satap Fatukopa, Meri Laubila, S.Pd., pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang berlangsung di SMP Kristen 3 Soe dalam rangka pendampingan penulisan bagi para kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah. Menurutnya, kegiatan serupa sangat penting untuk ditindaklanjuti.

“Adapun tujuan dari kegitatan ini yaitu pertama, untuk meningkatkan kompetensi bagi guru dan peserta didik, kedua, untuk mendapatkan kompetensi dalam menuangkan pikiran-pikiran melalui tulisan,” jelasnya. (Lenzho/Mis/red)

comments

No comments:

Post a comment