Latest News

Tuesday, 4 February 2020

SMP SOEGIJARANATA MATALOKO GELAR BIMTEK MENULIS


Ngada, CAKRAWALANTT.COM – SMP Soegijapranata Mataloko, Kabupaten Ngada, menggelar Bimbingan Teknis Menulis, melibatkan 18 guru dan 54 peserta didik perwakilan kelas VII – IX. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari terhitung sejak Rabu (29/1/2020). Hadir sebagai narasumber yakni tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Robert Fahik, M.Si (pemimpin redaksi), Rm. Kristo Betu, Pr (formatur), dan Pius Firminus (wartawan).

Selama kegiatan, peserta dibekali dengan materi serta bimbingan langsung dalam menghasilkan tulisan. Kelompok peserta didik diarahkan untuk penulisan kreatif dan karya jurnalistik, sementara kelompok guru mendalami salah satu jenis publikasi guru yakni artikel ilmiah populer. Tidak hanya mendapat materi dan menghasilkan tulisan, peserta juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil tulisannya.

Kepala SMP Sogijapranata Mataloko, Maria Dolorosa Due, S.Pd., mengungkapkan, keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki warga sekolah, baik guru maupun peserta didik. Karena itu pihaknya mengambil langkah untuk membangun kerja sama dengan MPC NTT dalam kegiatan bimbingan teknis menulis yang melibatkan guru dan peserta didik.

“Selama dua hari ini kita dibimbing, dibantu untuk menulis. Kita gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kita harus belajar, bukan utuk sekarang tapi untuk masa depan. Ini penting tidak hanya bagi guru namun juga peserta didik,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mendorong guru dan peserta didik yang ada untuk meningkatkan minat baca terutama di lingkungan sekolah. Hal ini penting, mengingat kebiasaan membaca akan sangat membantu seseorang dalam menulis.

“Untuk bisa menulis, kita harus membaca. Saya melihat, perpustakaan sekolah kita sepi kecuali ada tugas. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua,” tegasnya. (red)


comments

No comments:

Post a comment