Latest News

Wednesday, 5 February 2020

LEPAS SISWA PRAKERIN, BERNAD NATONIS MINTA PESERTA DIDIK DEKATKAN DIRI PADA TUHAN


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Kepala SMK Kristen 1 SoE, Drs. Bernadus Natonis, M.Pd., meminta peserta didiknya untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan dan menjaga nama baik sekolah di manapun mereka berada. Hal ini disampaikannya Upacara Pelepasan 225 Siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang berlangsung di sekolah tersebut, Sabtu (2/2/2020).  

“Prakerin akan dilaksankan selama tiga bulan ke depan, sehingga saya mau ingatkan untuk selalu dekatkan diri kepada Tuhan Yesus sebagai Sang Guru Yang Agung selama Prakerin berlangsung. Saya juga mengingatkan kepada anak-anak semua untuk jaga nama baik sekolah, orang tua dan nama baik diri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Natonis yang juga merupakan Ketua MKKS SMK Kab. TTS tersebut meminta agar anak didiknya selalu berlaku sopan dan bersikap jujur dalam melaksanakan kegiatan Prakerin. Hal ini penting bagi pribadi yang sedang belajar.

“Ketika berada di tempat praktek jangan berlaga seperi pegawai atau karyawan tetapi tempatkan diri sebagai seorang siswa praktek yang datang untuk belajar, jika ingin menggunakan barang atau alat di kantor harus lapor dan meminta ijin ke pegawai yang ada di kantor,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Nifron K. A. Fallo, S.Kom., dalam laporan kepanitiaan menyampaikan bahwa Prakerin di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, berbasis produksi dan berbasis dunia kerja yang mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada dasarnya Prakerin adalah satu model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi kegiatan belajar siswa di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu SMK untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja.

Wakasek Humas SMK Kristen 1 Soe ini lebih lanjut menyampaikan bahwa peserta didik yang melakukan Prakerin berjumlah 225 orang yang dibagi pada tiga lokasi yaitu Kota Kupang terdapat 35 Dudi (dunia industri, red) dengan jumlah peserta Prakerin sebanyak 139 orang, Kota Soe terdapat 21 Dudi dengan jumlah peserta 82 orang, sementara ada 4 orang melakukan Prakerin di Denpasar Bali. Waktu Prakerin akan berlangsung selama tiga bulan terhitung tanggal 4 Februari 2020 hingga 28 April 2020.

Dirinya berharap setelah melaksanakan kegiatan Prakerin siswa dapat meningkatkan keahlian profesionalnya sehingga sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang memiliki etos kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatif dan hasil pekerjaan yang berkualitas serta disiplin dengan waktu.

Pantauan media ini, pada upacara pelepasan tersebut berlangsung lancar. Peserta tanpak antusias mendegarkan arahan baik dari panitia maupun dari kepada sekolah.  Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Komite SMK Kristen 1 Soe, Elvis Lak'apu. (Humas SMK Kristen 1 Soe, Nifron Fallo_Kontributor/Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment