Latest News

Friday, 14 February 2020

GUBERNUR NTT RESMIKAN GEDUNG SMK KENCANA SAKTI HAUMENI


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, meresmikan gedung SMK Kencana Sakti Haumeni yang terletak di Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten TTS, Kamis (13/2/2020), bertempat di  halaman sekolah setempat. Dalam sambutannya Gubernur Viktor  mengatakan bahwa pendidikan merupakan suatu bidang yang tidak mungkin bisa ditinggalkan karena dengan pendidikan saja orang bisa mampu menyelesaikan persoalan dirinya sendiri, satu-satunya alat untuk manusia itu beda dengan binatang yaitu hanya lewat pendidikan.

“Kecerdasan itulah yang membuat manusia bisa mempunyai iman. Jadi kalau orang tidak pintar, ya imannya tidak ada, karena iman sesungguhnya itu adalah pengetahuan, karena pengetahuan akan melahirkan imajinasi dan dari imajinasi itu dia mampu membuat sesuatu. Oleh karena itu lembaga yang paling penting adalah lembaga pendidikan karena di sana terdapat proses mentransfer pengetahuan, memberikan pengetahuan kepada orang lain supaya orang lain itu berubah dari diri sebelumnya menjadi diri yang lebih layak dan dihormati oleh orang lain. Di dalam rumus pembangunan organisasi baik negara, daerah maka alasan utama sebuah negara  atau daerah itu maju maka barometer utama adalah kecerdasan sumber daya manusianya,” ungkapnya.

Untuk SMK, lanjutnya, keterampilan menjadi utama karena sekolah kejuruan tujuan utamanya adalah “hospilality” atau pelayanan. Hal itu berhubungan erat  dengan ramah tamah, keindahan, oleh karena itu para peserta didik harus mampu memiliki logika, etika dan estetika yang baik. Pemerintah Povinsi NTT sebagai penggerak utamanya ekonomi yaitu di bidang pariwisata, maka sekolah ini menjadi bagian dari cita-cita dan program Pemerintah Povinsi NTT. Oleh karena itu kita ingin agar lulusan di sini mereka bukan  menjadi pekerja tetapi menjadi usahawan-usahawan muda yang terjun di bidang pariwisata.

”Saya sebagai gubernur dan masyarakat NTT  memberikan apresiasi yang luar biasa kepada keluarga Pandie yang telah mendonasikan berkat yang diperoleh dari Tuhan untuk membangun sebuah sekolah dalam memanusiakan manusia. Saya berharap kepada semua tenaga pendidik yang ada agar proses belajar mengajar di SMK Kencana Sakti Haumeni ini dibangun secara serius, peserta didik yang ada jangan hanya sekolah untuk memperoleh ijazah saja tetapi lebih dari itu memiliki 'skill' yang bagus. Kalau bisa sekolah ini jangan memberikan ijazah tapi memberikan sertifikat terkait dengan keahlian pada bidang tertentu karena ke depan ijazah tidak akan dipakai tapi yang lebih penting adalah keahlian seseorang dalam bidang tertentu,” jelasnya.

Bupati TTS, Epy Tahun, dalam sekapur sirihnya memberikan apresiasi kepada pihak SMK Kencana Sakti Haumeni karena keberadaan sekolah tersebut memberikan warna yang berbeda pada dunia pendidikan di TTS. Hal ini dikarenakan SMK Kencana Sakti merupakan satu-satunya SMK yang memiliki program kesehatan di tingkat sekolah menengah. Lebih lanjut, Tahun menyampaikan bahwa SMK Kencana Sakti juga sudah bekerja sama dengan Pemda TTS khusus untuk program kesehatan dalam pelaksanaan praktek oleh para peserta didik di RSUD Soe.

Ketua Yayasan Pendidikan Kencana Sakti, Somie Anugrah Pandie, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT  beserta semua tamu undangan yang hadir pada kegiatan peresmian gedung sekolahnya. Baginya, momentum tersebut merupakan hari yang bermartabat.

“Hari ini merupakan hari yang bermartabat karena Gubernur NTT hadir guna meresmikan gedung SMK Kencana sakti yang mana kami menganggap bahwa tidak ada sekat antara sekolah swasta maupun sekolah negeri. Sekolah ini dibangun hanya dengan tekad karena ingin mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

SMK Kencana Sakti memiliki tiga program keahlian yaitu Program Keahlian Akomodasi Perhotelan, Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata serta Program Keahlian Keperawatan. Semua program telah terakreditasi B. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment