Latest News

Friday, 7 February 2020

BP MKKS SMP/MTs TTS SUKSES SUSUN NASKAH SOAL US 2020


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS melalui Badan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (BP MKKS) sukses menyusun naskah soal Ujian Sekolah (US) tingkat SMP/MTs/SMPTK tahun pelajaran 2019/2020. Penyusunan naskah soal tersebut berlangsung berlangsung di Aula SMP Kristen 3 SoE selama tiga hari, dimulai pada Selasa (4/2) hingga Kamis (6/2/2020).

Ketua MKKS SMP Kab. TTS, Edison M.S. Boimau, kepada wartawan menyampaikan bahwa penyusunan naskah soal ini melibatkan 60 orang guru dari 28 sekolah sebagai perwakilan dari 163 SMP yang akan melaksanakan US dan UN pada tahun pelajaran 2019/2020. Setiap mata pelajaran disusun oleh 6 guru, sementara koordinator dan pendamping melibatkan pengawas dan masing-masing ketua MGMP dari 10 mata pelajaran.

Edison M. S. Boimau
Lebih lanjut Boimau mengatakan terkait mekanisme penyusunan soal ini pihaknya meminta setiap peserta untuk melihat kisi-kisi Ujian Nasional yang sudah ada dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan berpedoman pada kisi-kisi USBN tahun pelajaran sebelumnya. Tim membuat kisi-kisi soal setelah itu dibuat indikator soal kemudian baru diturunkan dalam butir soal yang akan menghasilkan master soal.


“Upaya dalam menjaga kerahasiaan soal yang telah disusun adalah semua peserta yang terlibat dalam tim penyusunan soal setelah selesai semua file yang berhubungan dengan naskah soal akan dihapus. Jadi bapak ibu yang menyusun soal tidak boleh membawa file soal ke sekolah dimana ia mengajar, sementara kisi-kisi soal boleh dibawa pulang. Karena itu kisi-kisi dari BSNP tetapi file soal itu tidak boleh dibawa pulang oleh para tim penyusun soal,” jelasnya.

Terkait penggandaan soal dirinya mengakui telah disepakati melalui rapat bersama  badan pengurus MKKS dengan 163 Kepala sekolah bahwa proses penggandaan itu diserahkan ke BP MKKS yang akan dipantau oleh dinas pendidikan dan Kebudayaan dan pihak kepolisian.

Setelah soal-soal itu selesai digandakan di percetakan maka kami berencana pada tanggal 28 Maret 2020 itu soal-soal akan didistribusi ke 163 penyelenggara ujian sekolah  tahun pelajaran 2019/2020, sementara jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah itu akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret—3 April tahun 2020.

Yunus Misa
Korwas Dinas P & K Kab.TTS, Yunus Missa, menyampaikan bahwa sesuai dengan pos ujian dan ketentuan ujian tahun pelajaran 2019/ 2020 ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal yang berbeda hanya ada Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US), tidak ada lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) seperti tahun –tahun sebelumnya.

Oleh karena itu untuk menyikapi perubahan ini yang namanya Ujian Sekolah hakikat pada dasarnya itu adalah pelaksanaan ujian yang diselengarakan oleh satuan pendidikan artinya masing-masing sekolah menyusun soal sendiri untuk menyelengarakan ujian di sekolahnya, tetapi dalam rangka mengikuti ujian sekolah, semua sekolah memiliki acuan yang sama  dalam mengukur keberhasilan peserta didik maka Dinas P dan K melalui badan pengurus MKKS SMP/Mts kab.TTS mengkoordinir kelompok MGMP yang ada di tingkat kabupaten untuk menyiapkan soal ujian sekolah bersama.


Dalam penyusunan soal-soal ini tidak disusun secara bebas tetapi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika dan Bahasa  Inggris itu menggunakan kisi-kisi Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020 dan tetap mengacu pada kompetensi dasar pada semua mata pelajaran sesuai permendikbud nomor 37 tahun 2018, sedangkan untuk mata pelajaran yang bukan UN itu memedomani USBN tahun lalu dan menyesuaikan dengan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment