Latest News

Saturday, 25 January 2020

PARA GURU SMPN 2 AMANUBAN SELATAN & SMPN SATAP KAKAN IKUTI BIMTEK PKP


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Guna meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran berbasis HOTS, para guru di SMP Negeri 2 Amanuban Selatan dan SMP Negeri Kakan mengikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) yang  berlangsung di  SMP Negeri 2 Amanuban Selatan, Kabupaten TTS, Rabu (22/1/2020) hingga Kamis (23/1/2020). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, Yunus Misa, Melkianus Lena dan Ketua MKKS SMP/MTs Kabupaten TTS, Edison M. S. Boimau.

Yunus Misa, kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan pelaksanaan Bimtek PKP ini bertujuan untuk  meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher OrderThinking Skills/HOTS).

“Jadi, kegiatan PKP ini materi yang disampaikan kepada para guru terkait dengan proses pembelajaran berbasis HOTS yang mana para guru akan membiasakan anak untuk berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu diharapkan juga agar proses pembelajaran semacam ini jangan hanya pada saat mau ujian semester atau ujian kenaikan kelas maupun Ujian Nasional tetapi harus membiasakan peserta didik pada proses pembelajaran di kelas setiap hari,” ungkapnya.

Kegiatan serupa, lanjutnya, telah dilaksanakan di beberapa sekolah yakni SMP Satap Boentuka, SMPN Liman, SMP Kristen 1 Mollo Utara. Ini merupakan tindak lanjut dari pengimbasan pembelajaran berbasis HOTS dari kegiatan PKP Zonasi yang telah dilakukan pada bulan September 2019 lalu pada dua zonasi yaitu di SMP Kristen 3 dan SMP Negeri 1 Amanuban Tengah.

Lebih lanjut Misa mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini para guru harus menuntun anak untuk bernalar agar para siswa dapat memecahkan setiap persoalan yang dihadapi. Dirinya juga mengimbau kepada semua kepala sekolah dan para pengawas untuk melakukan supervisi kelas dan berorientasi kepada pembelajaran berbasis HOTS.

Sementara itu Kepala UPTD SMP Negeri 2 Amanuban Selatan, Betty Banfatin, menyampaikan bahwa pelaksanaan Bimtek PKP tersebut diikuti oleh 29 guru, 23 guru dari SMPN 2 Amanuban Selatan dan 6 guru dari SMPN Kakan. Ia berharap peserta dapat mengimplementasikan apa yang didapat dari para narasumber sesuai tujuan kegiatan yakni untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran berbasis HOTS, Berbasis Media, pemahaman tentang PKG serta pengenalan PKP terhadap guru. (Lenzho/red)

comments

No comments:

Post a comment