Latest News

Tuesday, 22 October 2019

SMAN 1 DAN SMAN 2 LEMBOR SELATAN SIAP LUNCURKAN BUKU KARYA GURU


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM – SMAN 1 dan SMAN 2 Lembor Selatan, Manggarai Barat siap meluncurkan buku karya guru berjudul ‘Catatan Harian Pelukis Wajah Bangsa’. Hal ini terungkap dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnalisitk bagi Guru dan Peserta Didik yang berpusat di Aula SMAN 1 Lembor Selatan, Senin (21/10/2019) hingga Rabu (23/10/19). Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah menghadirkan tim narasumber yakni dari Media Pendidikan Cakrawala NTT yakni, Gusty Rikarno, S.Fil (Pemimpin Umum) Ino Sengkang, S.Fil., dan Maksimus Masan Kian, S.Pd (Tim Formatur).

Gusty Rikarno, dalam arahannya pada acara pembukaan menyampaikan pentingnya budaya menulis dikalangan kelompok akademik (guru). Menurutnya, salah satu indikator guru profesional adalah memiliki karya tulis.

“Guru harus menjadi telandan dan cerminan bagi anak -anak dalam membudayakan gerakan literasi di sekolah. Tanpa karya, setiap gerakan dan aksi belum terukur tingkat keberhasilannya. Zaman semakin berkembang dan kita mesti berlomba-lomba dalam berkarya hingga mampu mempersembahkan perubahan. Kita bisa memulainya dari lingkup kecil, mulai dari sekolah kita. Motivasi harus kuat dan barengi itu dengan latihan yang tidak pernah berhenti,” kata Gusty.

Ditambahkannya, sejak 2013, Media Pendidikan Cakrawala NTT, bergerak secara mandiri mengusung visi tunggal ‘Menyongsong Generasi Emas NTT’. Banyak pelatihan dan pendampingan digelar, mulai dari penulisan Karya Ilmiah Populer, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), juga berbagai jenis tulisan karya sastra untuk siswa, termasuk opini dan karya ilmiah remaja. Kali ini, Media Pendidikan Cakrawala NTT, hadir dengan warna yang berbeda, yakni karya buku. Buku yang dihasilkan berisi pengalaman berkesan menjadi seorang guru yang kontenya terbagi dalam empat bagian tulisan diantaranya, bagian pertama memuat masa kecil yang menggetarkan (prolog), bagian kedua, keluarga sumber inspirasi, bagian ketiga, mengabdi untuk negeri sebagai guru dan bagian keempat berisi harapan dan mimpi dalam peran profesi sebagai guru (epilog).

Kepala SMAN 2 Lembor Selatan, Yohanes Herman, S.Pd., M.Pd., mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada Media Pendidikan Cakrawala NTT yang membuka ruang belajar untuk para guru.

“Kemajuan sebuah daerah sangat didukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan tingkat kualitas SDM sangat ditentukan oleh ketekunan berlatih, mengasah kemampuang dan keterampilan, menumbuhkan kreativitas serta mampu menghasilkan inovasi. Kehadiran Media Pendidikan Cakrawala NTT sangat membantu dalam proses penumbuhan karakter. Kita akan serius dan fokus merampungkan rencana ini, dan besar harapan buku karya guru dapat diluncurkan pada momentum Hardiknas Tahun 2020 mendatang.” (Maksi Masan Kian/red)

comments

No comments:

Post a comment