Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MKKS SMA/SMK KABUPATEN KUPANG GELAR HALALBIHALAL IDULFITRI 1443 H

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka meningkatkan semangat kebersamaan, solidaritas, toleransi dan sikap saling memaafkan, Keluarga Besar Musyarawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat SMA Kabupaten Kupang menggelar Kegiatan Halalbihalal Idulfitri 1443 H di halaman SMA Negeri 2 Sulamu, Selasa (10/5/2022). Momen kebersamaan tersebut turut dihadiri oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kabupaten Kupang, Stefen Talo;  Ketua MKKS Tingkat SMA Kabupaten Kupang,  Sepi Manafe; dan Tokoh Masyarakat Desa Bipolo, Marten Luther.

 

Dalam sambutannya, Stefan selaku Korwas SMA/SMK Kabupaten Kupang menegaskan bahwa Bangsa Indonesia dibangun di atas tiga buah batu tungku, akni spiritualitas, ilmu pengetahuan, dan budaya. Dalam butir pertama Pancasila, ujarnya, Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar untuk keempat sila lainnya. Maka dari itu, sambungnya, sikap saling menghargai dan toleransi dalam kehidupan beragama menjadi hal yang mutlak untuk dihayati dan dihidupi.

 

“Halalbihalal adalah bentuk dukungan sekaligus ungkapan syukur atas keteguhan iman saudara-saudari kita yang Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu, Halalbihalal juga adalah momentun yang dapat dijadikan contoh sekaligus pegangan tentang nilai-nilai yang dijunjung tinggi, seperti persaudaraan, kebersamaan, toleransi dan sebagianya. Karena itu, kami ucapkan limpah terima kasih kepada tokoh masyarakat, tokoh peduli pendidikan, pengurus MKKS SMA/SMK dan berbagai pihak yang telah mendikung dan menginisiasi kegiatan yang bermartabat ini,” ujar Stef.



Lebih lanjut, Ketua MKKS Tingkat SMA Kabupaten Kupang,  Sepi Manafe menjelaskan bahwa kegiatan Halalbihalal adalah tradisi yang selalu dihidupkan dan sudah menjadi kegiatan rutin Keluarga Besar MKKS Tingkat SMA Kabupaten Kupang dalam meningkatkan rasa kebersamaan, persaudaraan, dan menjujung toleransi, baik di kalangan para kepala sekolah, guru, maupun peserta didik.

 

"Halalbihalal adalah bentuk nyata sikap toleransi dan persaudaraan. Kepala sekolah sebagai pemimpin dan guru harus memberikan contoh baik kepada generasi muda tentang pentingnya membangun sikap toleransi dan persaudaraan sebagai anak-anak Indonesia. Profil Pelajar  Pancasila yang kita hidupkan harus mendapat tempat di hati, pikiran, dan karakter anak bangsa. Kita bersyukur karena kita disatukan bukan karena kita sama tetapi karena kita berbeda,” tandas Sepi yang juga menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Amarasi Timur.



Sementara itu, Tokoh Masyarakat Desa Bipolo, Marten Luther menandaskan bahwa Halalbihahal adalah tradisi yang selalu dilakukan untuk membuka ruang silaturahmi dan saling memaaafkan. Selain itu, imbuhnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kebersamaan dan dukungan terhadap Umat Muslim di jenjang SMA dalam Bulan Suci Ramadhan.

 

“Terima kasih untuk MKKS SMA untuk inisiatif baiknya menggelar acara ini. Sebagai bagian dari masyarakat, kami selalu siap mendukung segala bentuk terobosan positif untuk membangun dunia pendidikan khususnya di lingkungan SMA Negeri 2 Sulamu. Sebagai bentuk dukungan tokoh masyarakat, kami menghibahkan tanah untuk pembangunan gedung SMA Negeri 2 Sulamu ini, bahkan sudah ikut membangun gedung sekolah ini,” tandas Marten.



Pantauan media, Kegiatan Halalbihalal tersebut berlangsung dalam suasana persaudaraan dan kekeluargaan. Hadir juga pada kegiatan tersebut, para pengawas SMA/SMK Kabupaten Kupang, Aparat Desa Bipolo,  para Kepala SMA/SMK,  Tokoh Peduli Pendidikan, dan Para Undangan dari berbagai komponen masyarakat. (red)


Post a Comment

0 Comments