Latest News

Thursday, 25 July 2019

TTS UTUS 6 PESERTA DIDIK IKUTI NSDC TAHUN 2019 TINGKAT PROVINSI NTT


TTS, CAKRAWALANTT.COM – Sebanyak 6 peserta didik SMA dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengikuti Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/7/2019) hingga Jumat (26/7/2019) di Hotel Pelangi, Kota kupang. Mereka adalah Sabina Alves Simenes, Angelina P.R. Nguru, dan Jenni Anthoneta Henukh, asal SMA Kristen 1 Soe, yang tergabung dalam satu kelompok debat ilmiah Bahasa Inggris, serta Jenil Kase, Lebrina Seo, dan Angli Tasuib asal SMAN 1 Soe, yang tergabung dalam satu kelompok debat ilmah Bahasa Indonesia.

Keenam peserta didik tersebut lolos ke tingkat provinsi berdasarkan hasil seleksi di tingkat Kabupaten TTS. Menurut guru pendamping Hesri Y. Tusi, S.Pd, peserta didik yang mewakili TTS tersebut telah melewati tahapan seleksi yang ketat dan telah diberikan bimbingan khusus.

“Sebelum sampai ke tingkat provinsi mereka telah mengikuti seleksi beberapa kali, di antaranya  dilakukan di tingkat sekolah domisili mereka, di tingkat SMA se-Kabupaten TTS. Dari situlah dipilih yang terbaik. Untuk mereka enam orang ini telah diberikan bimbingan khusus selama satu bulan lebih, hingga mereka siap mengikuti lomba yang pretisius ini,” jelasnya.

Sementara itu salah seorang peserta didik, Sabina Alves Simenes, menyatakan tekadnya untuk memberikan yang terbaik di ajang ini dan terus mengharumkan nama TTS.

“Jangan kita berpikir bahwa kalau teman kita yang sudah bisa berarti mereka saja yang mewakili, kita tidak. Kita harus mengangkat nama TTS dengan cara kita sendiri, yang positif tentunnya,. Ini adalah salah satu cara dari banyak cara untuk mengharumkan nama TTS. Kami masih berjuang di tingkat provinsi, semoga saja bisa menang, dan selebihnya adalah kuasa Tuhan,” tuturnya.

Kegiatan National Schools Debating Championship (NSDC), merupakan suatu wahana bagi seluruh peserta didik, juga sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar peserta didik berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan  NSDC tahun 2019 diadakan di seluruh provinsi di Indonesia untuk menjaring siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC) di tingkat internasional. (aleks/rf/red)

comments

No comments:

Post a Comment